27 January 2020, 07:26 WIB

Korsel Juara Piala Asia U-23


Patrick Pinaria | Sepak Bola

KOREA Selatan (Korsel) sukses menyabet gelar Piala Asia U-23 2020. Prestasi itu bisa didapat Taegeuk Warriors setelah berhasil mengalahkan Arab Saudi U-23 dengan skor 1-0 lewat perpanjangan waktu di laga final, Minggu (26/1) malam WIB.

Pertandingan yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok itu berjalan alot. Kedua tim tampak berhati-hati dan cenderung bermain dengan tempo lambat.

Jika menilik catatan statistik, Korsel hanya menghasilkan tiga tembakan mengarah ke gawang dari 12 peluang. Jumlah peluang Arab jauh lebih buruk karena hanya menghasilkan satu tembakan mengarah ke gawang dari sembilan peluang.

Permainan alot sudah ditunjukkan kedua tim sejak awal pertandingan. Bahkan, Korsel dan Arab tidak banyak membuat peluang-peluang berarti dan menciptakan gol dalam 90 menit pertandingan.

Baca juga: Timnas U-19 Kewalahan Ditempa Latihan Fisik

Kedua tim pun harus melanjutkan pertandingan di babak perpanjangan waktu. Pada momen itu, situasi pertandingan tidak jauh berbeda karena tempo permainan masih berjalan lambat.

Namun, Korsel berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-113. Gol mereka dicetak Jeong Tae-Wook yang sukses menyelesaikan umpan dari Lee Dong-Gyeong.

Usai unggul, Korsel langsung mengendurkan serangan. Mereka tampak fokus bertahan sehingga menyulitkan Arab Saudi menyamakan kedudukan.

Hingga laga usai, kedua tim tidak ada yang mencetak gol tambahan lagi. Skor 1-0 bertahan dan memastikan Korsel meraih gelar Piala Asia U-23 2020.

Torehan gelar Piala Asia U-23 2020 terasa istimewa buat Korsel. Sebab, ini merupakan gelar perdana mereka di ajang tersebut. Pencapaian terbaik mereka sebelumnya adalah menjadi runner-up pada Piala Asia U-23 2016. (OL-1)

BERITA TERKAIT