26 January 2020, 14:00 WIB

COO Tokopedia Masuk dalam Powering Asia's Future Michael Page


Ghani Nurcahyadi | Teknologi

BUDAYA kekeluargaan yang dikembangkan dalam pengelolaan platform perdagangan elektronik (e-commerce) Tokopedia mengantarkan Chief Operating Officer (COO) Tokopedia Melissa Juminto masuk dalam kampanye Powering Asia's Future dari firma perekrutan eksekutif global, Michael Page.

Kampanye tersebut merupakan bagian dari apresiasi terhadap kinerja sejumlah pimpinan usaha di Asia. Total, ada 9 orang yang dinobatkan Michael Page masuk dalam kampanye Powering Asia's Future yang bertujuan untuk menyalurkan nilai-nilai filosofi kepemimpinan serta upaya membangun iklim usaha yang kompetitif.

Presiden Direktur Michael Page Indonesja Olly Riches mengatakan, pihaknya telah mengidentifikasi kinerja dan kontribusi yang luar biasa di Tokopedia yang kini menyandang status startup unicorn dan memiliki 4.300 pegawai. 

“Kami memilih Melissa Juminto, karena berkat gaya kepemimpinannya yang juga diwarnai dengan semangat ‘kekeluargaan’ yang kental, berhasil  membawa Tokopedia menjadi sebuah perusahaan yang kita kenal saat ini,” kata Olly Riches dalam keterangan tertulisnya.

Melissa menjelaskan, budaya ‘kekeluargaan’ di Tokopedia didukung oleh jajaran direksi dalam rangka mempertahankan dan menjaga pemahaman para pegawai mengenai misi perusahaan. 

Hal itu terbukti mampu membantu setiap orang dalam organisasi mencapai tingkat kematangan dan kapasitas dalam kecepatan yang sama yang diperlukan oleh organisasi untuk berkembang.

Baca juga : Tokopedia Kampanyekan Literasi Keuangan

“Kami mendukung terciptanya iklim keterbukaan, dan perdebatan dalam berbagai forum, di mana kami memberikan kesempatan kepada siapapun untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan sulit serta berdiskusi. Jika pada akhirnya mereka memahami ‘the why’s’, akan mudah bagi mereka untuk mengambil berbagai keputusan yang lebih baik dalam setiap proses maupun di masa mendatang,” jelasnya.

Melissa Juminto menerapkan filosofi Nakama, sebuah istilah dalam Bahasa Jepang, yang berarti kebersamaan dan persaudaraan, yang diimplementasikam lewat satu tim manajemen dengan misi yang sama memimpin tim mereka di Tokopedia. 

“Semuanya bukanlah kerja perseorangan, melainkan upaya/kerja kelompok. Jika saya harus memilih satu kata dalam Bahasa Indonesia yang merefleksikan filosofi ini, saya akan menggunakan kata ‘keluarga’, yang memiliki arti sama,’ ujarnya.

Masuknya nama Meliisa dalam kampanye Powerful Asia's Future menurut Cecilia Kristianto, Assiciate Director Michael Page Indonesia, menunjukkan peran pemimpin wanita makin signifikan dan mendorong inklusi dalam dunia usaha.

“Kami percaya bahwa setiap orang memiliki hak untuk memperoleh kesempatan bekerja dan bertumbuh. Para pekerja wanita yang diberikan fleksibilitas dalam mengelola waktu kerja oleh perusahaan tempatnya bekerja akan dapat beraktivitas secara maksimum dan memberikan hasil kerja yang optimal. Kesempatan yang seimbang untuk naik ke jenjang kepemimpinan yang lebih tinggi dalam perusahaan juga sangat penting bagi pertumbuhan organisasi," katanya.

Catatan Michael Page Indonesia menunjukkan, sepanjang 2019, ada peningkatam sebanyak 20% pemimpin dunia usaha dari kalangan wanita di Indonesia. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT