26 January 2020, 10:39 WIB

Cawagub Nurmansjah Lubis Jualan Kopi di CFD


Suryani Wandari | Megapolitan

MENGENAKAN baju kuning dibalut celemek kulit lengkap dengan topi biru di kepala, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dari PKS, Nurmansjah Lubis, menuangkan air panas ke kopi bubuk.

Ia menyeduh kopi dengan menggunakan filter kertas, kemudian kopi yang sudah tersaring dituang ke gelas kecil dan diberikan pada pengunjung Car Free Day (CFD) di trotoar sekitar Hotel Le Meredien, Jakarta, Minggu (26/1).

Meski dalam rangka berjualan, Nurmansjah terkadang membagikan beberapa gelas kopi untuk warga yang menghampirinya. Kegiatan ini ia lakukan bersama dua anaknya, Hamzah dan Ismail. Selain meraup untung, berjualan kopi juga merupakan upaya sosialisasi agar lebih dekat dengan warga Jakarta.

"Ini kopi Arabika Bali enak, cobain," katanya sambil menyodorkan kopi racikannya.

Ia berjualan dengan menggunakan gerobak yang bertuliskan Warung kopi Bang Ancah ini. Nurmansjah mengaku meracik kopi atau sebagai barista menjadi hobi yang sudah ditekuni sejak tiga tahun. Bahkan untuk menyalurkan hobi yang juga menjadi usaha keluarga, ia membuka kedai kopi di garasi rumahnya di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta.

"Saya sudah menekuninya sejak 3 tahun yang lalu," imbuhnya.

Baca juga: Riza dan Nurmansjah Berebut Kursi DKI-2

Nurmansjah mengaku dalam melakoni hobi tersbeut, ia belajar lebih dulu di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Jember, Jawa Timur, selama sebulan. Kini, ia sudah lihai membuat kopi dengan beragam teknik, pun menjadi mentor bagi beberapa calon barista.

Mantan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2004-2009 dan 2009-2013 mengatakan usaha ini diambil karena melihat peluang bisnis kedai kopi yang cukup hit. Padahal ketika memulai, ia mengaku tak begitu suka dengan kopi.

"Ya saya kira ini kan merupakan suatau hobi bang Ancah. Karena cawagub menjadi orang nomor 2 di DKI Jakarta ini harus dikenal oleh masyarakat. Masyarakat juga harus tau. masyarakat juga pUnya hak untuk memberikan dukungan sehingga warga masyarakat nanti bisa memberikan pengaruh terhadap wakil-wakilnya," kata Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani.(OL-5)

BERITA TERKAIT