26 January 2020, 09:00 WIB

Nadal-Kyrgios Berebut Tiket Perempat Final


Rahmatul Fajri | Olahraga

PETENIS nomor satu dunia asal Spanyol Rafael Nadal melaju ke babak keempat Australia Terbuka 2020 setelah mengalahkan rekan senegaranya, Pablo Carreno Busta, dengan skor 6-1, 6-2, dan 6-4, kemarin.

Kemenangan itu memperpanjang dominasi Nadal atas setiap petenis Spanyol yang pernah dijumpainya dengan 18 kemenangan beruntun tanpa sekalipun menelan kekalahan, sedangkan rekornya dengan Busta menjadi 5-0.

Lolosnya Nadal ke babak keempat Australia Terbuka kini merupakan yang keempat kalinya secara beruntun sejak 2017. Jika ditotal, pria berusia 33 tahun itu sekarang telah lolos ke babak keempat Australia Terbuka sebanyak 13 kali sepanjang kariernya.

“Ini adalah pertandingan terbaik saya di turnamen sejauh ini. Maaf untuk Pablo, teman baik saya. Saya harap yang terbaik untuknya di sisa musim ini,” ungkap Nadal yang baru sekali juara di Australia Terbuka.

Nadal juga kali ini tercatat belum pernah kehilangan satu set pun. Dia hampir saja harus memainkan set keempat ketika tampil di babak kedua melawan petenis Argentina Federico Delbonis pada Kamis (23/1).

Di babak keempat yang akan berlangsung pada Senin (27/1), Nadal akan melawan petenis tuan rumah Nick Kyrgios yang menang 6-2, 7-6 (7-5), 6-7 (6-8), 6-7 (7-9), dan 7-6 (10-8) dari petenis Rusia Karen Khachanov.

Dari sektor tunggal putri, langkah petenis Republik Ceko Karolina Pliskova harus terhenti di babak ketiga akibat dikalahkan petenis Rusia Anastasia Pavlyuchenkova 7-6 (4) dan 7-6 (3).

Dengan kalahnya Pliskova, kini dari daftar 10 unggulan teratas di sektor putri, hanya empat petenis yang tersisa. Selain Pliskova, juga ada Naomi Osaka (3), Elina Svitolina (5), Belinda Bencic (6), Serena Williams (8), dan Madison Keys (10).

Pavlyuchenkova yang berstatus unggulan ke-30 mengaku masih sulit mengungkapkan perasaannya setelah mengalahkan Pliskova. Apalagi hasil yang diraihnya itu merupakan kemenangan perdana dari Pliskova.

“Saya tidak tahu harus berkata apa. Buat saya, mengalahkan Karolina untuk pertama kalinya, itu hal yang luar biasa,” ungkap dia.

Di babak keempat, Pavlyuchenkova akan melawan petenis unggulan ke-17 dari Jerman, Angelique Kerber yang mengalahkan Camila Giorgi 6-2, 6-7 (4-7), dan 6-3). (Faj/AusOpen/R-3)

BERITA TERKAIT