26 January 2020, 08:45 WIB

Boeing 777X Lakukan Penerbangan Perdana


Basuki Eka Purnama | Internasional

PESAWAT jarak jauh terbaru Boeing, 777X, melakukan penerbangan perdana, Sabtu (25/1). Itu merupakan langkah baru bagi produsen pesawat yang tengah dihantam krisis 737 Max.

Pesawat mesin kembar terbesar dunia itu mendarat di Boeing Field deka Seattle kira-kira empat jam setelah melakukan perjalanan, setelah penudaan selama berbulan-bulan.

Sebelumnya, angin kencang menyebabkan penerbangan perdana 777X pada Jumat (24/1) ditunda setelah penerbangan itu ditunda pada Kamis (23/1) karena hujan.

Baca juga: Amerika Puji Pemerintah Tiongkok dalam Menangani Virus Korona

Pada Sabtu (25/1), pesawat itu lepas landas pada pukul 10.00 waktu setempat dari Paine Field di Everett, Washington, tempat pabrikan Boeing berada.

"Hore," teriak juru bicara Boeing Josh Green saat roda pesawat itu meninggalkan landas pacu.

Penerbangan perdana itu awalnya dijadwalkan pada pertengahan 2019 namun ditunda karena masalah pada mesin baru yang diproduksi General Electric dan masalah pada sayap dan perangkat lunak pesawat.

Penerbangan pada Sabtu (25/1) itu akan menjadi yang pertama dari serangkaian uji coba penerbangan 777X. Jika semuanya berjalan lancar, Boeing akan mengajukan permohonan kepada Otoritas Penerbangan Amerika Serikat (FAA). (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT