26 January 2020, 06:10 WIB

Nirina Zubir, Tersiksa Dibatasi Berbahasa Ibu


Media Indonesia | Hiburan

TUNTUTAN peran di drama seri orisinal Go-Play Saiyo Sakato membuat Nirina Zubir, 39, merasa 'batinnya tersiksa’. Aktris berdarah Minang ini hanya diperbolehkan mengucap bahasa ibunya itu sepenggal-penggal. Padahal, bahasa Minang dikuasainya dengan lancar.   

Di drama tersebut Nirina berperan sebagai Nita, perempuan Minang yang lama tinggal di Jakarta dan jarang menggunakan bahasa daerahnya.

"Rasanya 'gatal' banget buat Nirina untuk ngomong bahasa Minang karena di sini karakternya ialah orang Minang yang sudah lama di Jakarta," katanya.

Berbeda dengan lawan mainnya, yakni Cut Mini yang berperan sebagai Mar digambarkan sebagai perempuan Minang asli dan fasih berbahasa daerah Sumatra Barat itu.

Bagi Nirina, sulit rasanya untuk tak terpancing dan menanggapi dengan bahasa daerah yang familier baginya. "Jadi walaupun aku orang Minang, jarang mengeluarkan keuniannya Nirina. Itu tantangannya buat nahan agar Minang-nya enggak terlalu keluar, sedangkan i'm a very Minang person dan kalau kepancing gitu pengin ngomong juga," ujarnya.

Selain harus menahan diri untuk tak berbahasa Minang, mantan VJ MTV itu juga harus belajar memasak masakan Padang sebelum syuting, lantaran Nita diceritakan memiliki sebuah rumah makan Padang.

"Persiapannya sama kayak film, ada cooking class juga. Nita diharapkan bisa masak, jadi saya harus belajar sebelum syuting. Mulai memotong, goreng, ngulek, dan ngupas kunyit pakai sendok," ungkap Nirina. (Ant/H-1)

 

BERITA TERKAIT