25 January 2020, 14:20 WIB

Lakpesdam dan IPNU Jaktim Buat Program Konseling Center Pelajar


mediaindonesia.com | Humaniora

MENYIKAPI perilaku pelajar di Jakarta Timur (Jaktim) yang sudah mulai mengkhawatirkan,  Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama (NU) dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jakarta Timur bekerja sama membuat Program Konseling Center Pelajar.

Kerja sama tersebut ditanda tangani Ketua Lakpesdam NU Jaktim Samsudin, dan Ketua IPNU Jakarta Timur, Guntur di Jakarta, Sabtu (25/1).

Kegelisahan Lakpesdam dan IPNU terhadap perilaku pelajar di Jaktim makin memuncak setelah belum lama ini terjadi kasus siswi sebuah SMP yang melompat dari lantai 4 yang berakibat nyawanya tidak dapat di tolong.

Ditinjau dari aspek psikologis, remaja tersebut sangat kurang mendapat perhatian dari orang dewasa dan teman sebayanya, sehingga tidak ada tempat curhat (curahan hati) dan mendapatkan konseling agar mengungkapkan persoalannya. Sehingga pelajar tersebut mengambil jalan pintas yakni Bunuh Diri. 

Samsudin mengungkapkan, dengan dibuatnya Program Konseling Center Pelajar, diharapkan para pelajar di Jakarta Timur mendapatkan wadah untuk menumpahkan keluh kesahnya dan bimbingan konsling.

Selain itu, agar IPNU dan berada di bawah naungan organisasi Nahdlatul Ulama (NU), secara organisasi bisa lebih dekat dengan kalangan pelajar secara luas.
 
"Diharapkan program ini dapat membantu pelajar dalam memahami persoalan yang dihadapinya, dengan pendekatan keagamaan dan temen sebaya. Sehingga kasus pelajar bunuh diri tidak terulang lagi," ujar Samsudin yang juga juga merupakan pejabat Eselon 1 di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). (OL-09).

BERITA TERKAIT