25 January 2020, 20:45 WIB

Saiyo Sakato, Drama Cita Rasa Minang dari Gina S Noer


Bagus Pradana | Weekend

Sebuah gebrakan kembali dihadirkan oleh Gina S Noer melalui karya terbarunya, Saiyo Sakato, yang dapat dinikmati oleh para pecinta film di Indonesia melalui platform video on-demand GoPlay.

'Saiyo Sakato' merupakan frase dalam bahasa Minang yang sama padannya berarti 'seia sekata'. Serial ini mengangkat isu yang amat sensitif di Indonesia, yaitu poligami, berbalut permasalahan keluarga dan elemen kuliner lokal. Selanjutnya para penonton diajak menyelami dari sudut pandang dua perempyan yang terperangkap dalam situasi tersebut. Selain itu, para penonton juga akan disuguhi ragam khazanah kuliner dan budaya Minang yang menjadi latar belakang dalam serial 'Saiyo Sakato' ini.  

'Saiyo Sakato' bercerita tentang hubungan dua orang perempuan Mar (Cut Mini) dan Nita (Nirina Zubir) yang mendapati kenyataan pahit dalam hidup mereka, dimadu oleh sang suaminya Da Zul (Lukman Sardi), pemilik rumah makan Minang 'Saiyo Sakato'.

Awalnya Mar, sang istri tua tidak mengetahui bahwa dirinya telah dimadu, barulah kisah ini tersingkap setelah sang suami wafat. Ia bertemu dengan Nita yang mengaku istri kedua Da Zul. Pertengkaran besar antara keduanya pun dimulai, ketika Mar mengetahui hal-hal yang disembunyikan sang suami kepadanya. Nita yang tidak terima dipersalahkan oleh Mar kemudian nekat membuka rumah makan Minang berhadap-hadapan dengan rumah makan 'Saiyo Sakato'.

Banyak pelajaran hidup yang dihadirkan oleh para kreator 'Saiyo Sakato', salah satunya adalah tentang rasa sayang terhadap keluarga yang disajikan melalui kemampuan akting para artis-artis jempolan yang menjadi pemainnya.

Gina S Noer selaku kreator dari Novel Visual Saiyo Sakato ini menyebutkan alasan utama mengapa dirinya tertarik menampilkan narasi keluarga dalam perspektif yang berbeda.
"Bagi saya cukup menarik sekali melihat sekumpulan orang yang ditakdirkan untuk hidup bersama dan tidak selamanya saling cocok, ketika saya membuat cerita keluarga saya selalu penasaran bagaimana kondisi tiap orang dalam keluarga itu ketika berhadapan dengan situasi yang tidak ideal, dan bagaimana reaksi mereka sebagai individu ditengah orang-orang terdekat sama mereka, yang menarik di Indonesia kultur keluarga ini kental sekali. Nah tapi karena kental itu juga tidak banyak karya-karya yang membicarakan keluarga dengan apa adanya," terang dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (24/1).

Sepaham dengan visi yang disampaikan oleh Gina S Noer, GoPlay yang berkomitmen untuk memberikan tayangan berkualitas kepada masyarakat indonesia pun tanpa menunggu terlampau lama langsung meminang serial bergenre drama komedi ini. 'Saiyo Sakato' pun resmi menjadi konten original milik GoPlay yang tayang perdana pada 16 Januari 2020 lalu, rencananya 10 episode dari serial 'Saiyo Sakato' ini akan hadir di GoPlay setiap hari Kamis.
Sasha Sunu, VP Marketing GoPlay mengungkapkan kebanggaannya berkesempatan bekerjasama dengan Gina S. Noer menghadirkan tontonan yang berkualitas dan kaya dengan khazanah nusantara.

"Kami excited menayangkan serial yang ternyata juga merupakan buah karya dari seorang kreator dengan 14 tahun pengalaman berkarir di Industri perfilman. 'Saiyo Sakato' menjadi karya Gina, sang pemenang Piala Citra 2019 dalam genre drama keluarga yang dibalut dengan sentuhan khas budaya Minang dan komedi ringan yang mengundang tawa," ungkap Sasha.

Sederet artis kenamaan pun terlibat dalam serial keluarga itu, antara lain Cut Mini, Nirina Zubir, Lukman Sardi, Chico Kurniawan, Fergie Britney, Jourdy Pranata, Dea Panendra, Indra Jegel, dan seorang artis senior Ida Leman. Kesegaran dan keunikan cerita yang diangkat dalam 'Saiyo Sakato' akan menyodorkan perspektif baru bagi para pecinta film Indonesia dalam balutan kelezatan kuliner Minang yang khas, yang akan banyak diangkat dalam serial drama keluarga ini. (M-2)

BERITA TERKAIT