25 January 2020, 20:30 WIB

NasDem Bertekad Pertahankan Kesukseskan di Pilkada 2020


Lina Herlina | Nusantara

Partai Nasional Demokrat (NasDem) bertekad mempertahankan kesuksesan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang akan digelar di 270 daerah, terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh usai menghadiri rapat koordinasi khusus (Rakorsus) Partai NasDem di Hotel Rinra, Makassar, Sulawesi Salatan, Sabtu (25/1).

"Target kita di Pilkada 2020, jangan kurang dari lalu-lalu lah. Tiga kali pilkada yang dilalui NasDem, termasuk sebelum pemilu kedua, yang pertama kita berada di rangking 2, yang kedua kembali rangking 2 dan ketiga kita rangking 1," ungkap Paloh.

Ia pun menegaskan, jika partai yang didirikannya itu harusnya bisa mempertahankan apa yang sudah ada. "Itu sudah terjadi, sayang kalau NasDem tidak mempertahankan itu. Paling tidak mempertahankan dari tiga kali tahapan pilkada secara nasional," tegas Paloh

Saat ditanya jika target pemenangan Partai NasDem tidak tercapai, apakah ada pemecatan terhadap ketua dewan pimpinan? Paloh dengan cepat menjawab, "tidak ada pecat-pecat".

"Jika kalah, itu berarti pemimpinnya yang lemah. Terlalu gamoang kita ini memecat, menyalahkan pasukan. Budaya itu tidak boleh ada di NasDem," sambung Paloh.

Bagi Paloh, NasDem harus bisa membangun budaya baru. Jika pemimpin itu harus direspek, pemimpinnya harus paling beranggung jawab.

Terkait usungan pada Pilkada 2020, Paloh memastikan, jika NasDem akan tidak mengutamakan kader. "Kita coba 'mix', yang penting kita upayakan kader, kita tetap lihat popularitas dan elektabilitasnya," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT