25 January 2020, 12:15 WIB

Vihara Dharma Bakti Masih Butuh Perbaikan


Indriyani Astuti | Humaniora

PENGURUS Vihara Dharma Bakti yang terletak di Jalan Kemenangan III, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Lucas Tjang berharap renovasi dapat dilakukan pada bagian Vihara yang sempat terbakar pada 2 Maret 2015 silam. Untuk diketahui, kebakaran tersebut menghanguskan altar utama.

"Harapan ke depan bisa merapihkan lagi sisa gedung yang sempat terbakar," tutur Lucas ketika ditemui di lokasi di sela-sela Perayaan Imlek, Sabtu (25/1).

Baca juga: Waspada Gelombang Tinggi Hingga 1,5 Meter di Kepulauan Seribu

Ia menyampaikan perhatian pemerintah terhadap tempat ibadah dan cagar budaya yang sudah bediri sejak 1650 itu cukup besar, antara lain dari segi pengamanan dan penertiban, terutama saat perayaan hari besar seperti imlek.

"Mungkin bisa dari pihak pemerintah mengizinkan kita merevonasi tempat ibadah," imbuhnya.

Berdasarkan pantauan Media Indonesia, para umat Buddha, Konghucu, dan Tionghoa memadati Vihara Dharma Bhakti pada Tahun Baru Imlek 2020 hari ini sejak pagi. Tidak hanya berdoa, para pengunjung juga silih berganti mendatangi Vihara. Menurut Lucas, pengunjung dan umat yang berdoa tahun ini lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ia memprakirakan hingga malam nanti pengunjung akan terus berdatangan memanjatkan doa dan syukur di salah satu Vihara tertua di Provinsi DKI Jakarta itu.

"Lebih ramai dari tahun sebelumnya. Mungkin sampai malam," ucapnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT