24 January 2020, 23:08 WIB

Roy Suryo Polisikan Sunda Empire karena Hoaks PBB dan NATO


Antara | Megapolitan

PAKAR Telematika Roy Suryo melaporkan dugaan penyebaran hoaks oleh kelompok Sunda Empire ke Polda Metro Jaya.

Roy mengatakan kabar hoaks yang disebarkan kelompok itu adalah lokasi berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan NATO di Wikipedia. Dia menuding kelompok Sunda Empire mengubah tempat berdirinya PBB dan NATO menjadi di Bandung dengan akun anonim.

"Jadi sejarah tentang PBB itu diubah dengan kabar bohong, dengan berita bohong yang menyatakan kalau perserikatan bangsa-bangsa itu didirikan di Bandung di Gedung Isola di daerah Lembang," kata Roy di Polda Metro Jaya, Jumat.

Dia mengetahui perubahan itu setelah dirinya mengaku dikritik oleh sejumlah akun media sosial yang menyebut bahwa PBB dan NATO memang didirikan di Bandung.

"Beberapa sosial media, beberapa akun email mulai mengkritik saya, mulai menyerang saya dengan mengatakan saya memang tidak tahu sejarah. Karena menurut mereka ternyata memang PBB berasal dari Bandung juga didirikan di Bandung," sambungnya.

Baca juga : Petinggi Sunda Empire Kerap Adakan Pertemuan di Brebes

Roy kemudian menanyakan kepada akun-akun tersebut dari mana mereka mendapatkan informasi tersebut, dan akun-akun itu menyebut mendapatkan informasi tersebut dari lama Wikipedia.

Kemudian, kata Roy, saat dia membuka laman itu, sejarah PBB dan NATO di Wikipedia sudah berubah. Dia mengatakan isi laman Wikipedia itu telah disunting oleh akun anonim.

"Saya men-trace akun anonim yang ada dan merujuk ke satu nama yaitu Sunda Empire. IP anonim itu merujuk ke Sunda Empire. Dia secara kasar, secara tidak ilmiah, telah mengubah sejarah melalui Wikipedia," ujarnya.

Roy juga menjelaskan perubahan sejarah yang dilakukan oleh kelompok Sunda Empire hanya di Wikipedia versi bahasa Indonesia. Untuk keterangan Wikipedia dalam bahasa lain, tidak berubah.

"Dia enggak bisa ubah naskah aslinya ke bahasa Inggris karena naskah aslinya masih ada di bahasa Inggris dan ini enggak bisa dia ubah," ujar Roy.

Baca juga : Sunda Empire tidak Terdaftar di Kesbangpol Bandung

Roy mengatakan dirinya melaporkan tiga orang yakni petinggi Sunda Empire Rangga Sasana, pelaku pengubahan dalam situs Wikipedia yang mengatasnamakan Sunda Empire, dan kelompok Sunda Empire.

Rangga Sasana dilaporkan atas ucapannya dalam acara Indonesia Lawyers Club beberapa waktu lalu. Sedangkan dua terlapor lainnya dilaporkan atas perubahan sejarah di Wikipedia. Kedua orang itu masih dalam penyelidikan.

"Ketika live di salah satu stasiun tv pada hari Selasa malam di Hotel Borobudur, terjadi diskusi tentang kelahiran perserikatan bangsa-bangsa PBB dan kemudian NATO. Yang bersangkutan mengatakan kalau PBB dan Nato itu dilahirkan, didirikan di Bandung di gedung Isola," tutur Roy

Laporan polisi itu tertuang pada LP/530/I/YAN.2.5./2020/SPKT/PMJ tanggal 24 Januari 2020. Pelapor dalam hal ini dirinya sendiri, namun terlapor masih dalam status penyelidikan.

Pasal yang dilaporkan terkait Tindak Pidana ITE, menyebarkan berita bohong dan pencemaran nama baik melalui media elektronik. Pasal yang dilaporkan yakni Pasal 27 ayat 3 junto Pasal 45 ayat 3, Pasal 31 junto Pasal 48 dan atau Pasal 35 junto Pasal 51 ayat 1 UU RI nomor 19/2016 tentang ITE dan Pasal 14, 15 dan Pasal 311 KUHP. (Ant/OL-7)

BERITA TERKAIT