24 January 2020, 20:40 WIB

Ngatini, Gajah Taman Wisata Buluh Cina Kampar Hamil 4 Bulan


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

NGATINI, gajah betina dewasa berumur 20 tahun yang hidup di kawasan konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu,Kabupaten Kampar, Riau, dinyatakan positif hamil dengan perkiraan usia kandungan lebih dari 4 bulan.

Ngatini bersama pasangannya Robin, 22, telah didatangkan dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Riau di Minas, Kabupaten Siak sekitar Maret 2017 untuk menarik wisatawan berkunjung ke TWA Buluh Cina.

"Tentu saja kabar kehamilan Ngatini yang disampaikan drh Tika dari tim medis satwa PR-HSD sangat menggembirakan bagi yang mendengarnya. Kabar ini disampaikan sesaat setelah dilakukan check kehamilan dengan menggunakan alat medis USG," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono didampongi Direktur Yayasan Arsari Djojohadikusumo Ari Catrini usai melakukan pengecekan Gajah Robin dan Ngatini, kemarin.

Suharyono menjelaskan, untuk pengecekan kali ini belum didapatkan jenis kelamin janin. Pasalnya, saat pemeriksaan Ngatini terlihat kurang nyaman dan tidak tenang sehingga pemeriksaan rencananya akan dilanjutkan esok hari.

"Semoga Ngatini dan janinnya sehat selalu sampai kelahirannya sehingga dapat menambah jumlah populasi satwa gajah di Provinsi Riau," harap Suharyono.

Tingginya konflik satwa langka dengan manusia di Riau mengakibatkan populasi gajah kian terancam. Selain itu, habitat alami gajah saat ini kian jauh berkurang akibat terdesak perluasan pemukiman dan perkebunan di Riau yang semakin ekspansif.(OL-2)

 

BERITA TERKAIT