24 January 2020, 18:30 WIB

Antisipasi Virus Korona, Wapres Minta Pantau Pelancong dari LN


Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

INDONESIA bersiap mengantisipasi penyebaran virus Novel Coronavirus (nCov) atau korona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok. Menanggapi itu, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, mengatakan pemerintah telah mengantisipasi kemungkinan masuknya virus tersebut.

"Saya kira kita sudah mengantisipasi kemungkinan, jadi belum ada kepastian untuk masuk," ujar Wapres kepada media seusai meninjau perkembangan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta, di Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Jumat (24/1).

Baca juga: MPR Desak Pemerintah Terbitkan Travel Warning Terkait Corona

Kementerian Kesehatan, imbuh Wapres, telah melakukan langkah-langkah antisipasi yang diperlukan. Selain itu, pelancong yang datang ke Indonesia dipantau di bandara.

"Mereka yang datang dari berbagai di luar negeri khususnya dari Tiongkok, khususnya dari Wuhan," tukas Wapres.

Untuk memaksimalkan pencegahan penyebaran wabah virus korona asal Wuhan, Tiongkok, ke Tanah Air, pemerintah Indonesia memperketat pengawasan di 19 pintu masuk yang memiliki akses langsung dari Tiongkok. Ke-19 pintu masuk itu berada di wilayah Jakarta, Tangerang, Lampung, Padang, Tarakan, Balikpapan, Manokwari, Sampit, Bandung, Jambi, Tanjung Balai Karimun, Samarinda, Palembang, Tanjung Pinang, Denpasar, Surabaya, Batam, Bitung, dan Manado. (OL-6)

BERITA TERKAIT