24 January 2020, 17:04 WIB

Jokowi Ajak Masyarakat Terlibat Langsung di Sensus Penduduk 2020


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PEMERINTAH pada tahun ini akan melaksanakan Sensus Penduduk 2020. Kegiatan tersebut dilakukan agar pemerintah memiliki data kependudukan yang valid yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan. Demi menyukseskan sensus penduduk, Presiden Joko Widodo pun meminta masyarakat untuk turut serta berpartisipasi secara langsung.

"Kunci utama kesuksesan sensus penduduk tahun ini adalah partisipasi dari seluruh elemen bangsa. Hajatan sebesar ini harus didukung oleh semua pihak. Maka itu, saya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi di dalam sensus penduduk 2020," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1).

Baca juga: Bank Mandiri Catat Laba Bersih Rp27,5 Triliun

Ia menyebut, dalam kegiatan sensus penduduk yang ketujuh itu, ada dua inovasi baru yang diterapkan pemerintah. Pertama, pemanfaatan data administrasi kependudukan sebagai data dasar pelaksanaan sensus. Kedua, sensus penduduk juga akan dilakukan secara daring atau online agar masyarakat bisa ikut berpartisipasi dengan mudah.

Adapun, sensus penduduk online akan dilaksanakan pada 15 Februari hingga 31 Mei 2020. Sementara, sensus penduduk secara konvensional atau wawancara dilakukan pada 1-31 Juli 2020.

"Ini merupakan satu bentuk pendidikan dan edukasi kepada masyarakat untuk mulai sadar betapa pentingnya data administrasi dan sejalan dengan program gerakan indonesia sadar administrasi," tandasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT