25 January 2020, 03:30 WIB

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga


Raka Lestari | Humaniora

SETELAH berolahraga, mengonsumsi makanan yang sehat sangat diperlukan. Apa yang Anda konsumsi setelah berolahraga harus memenuhi kriteria nutrisi tertentu.
 
Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu tubuh dalam memaksimalkan manfaat dari berolahraga, seperti membantu pembentukan otot, membantu perbaikan otot, dan mengurangi kelelahan.
 
Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang direkomendasikan oleh para ahli untuk dikonsumsi setelah berolahraga:

Salmon
 “Mengonsumsi makanan kaya akan protein setelah berolahraga dapat membantu dalam pembentukan otot, mempersingkat waktu pemulihan, dan meningkatkan kekuatan,” ujar Rima Kleiner, RD, seorang nutrisionis dari North Carolina. Protein membantu otak kita mengenali hormon leptin, yang menyediakan energi dan membantu kita merasa lebih kenyang lebih lama.
 
Telur
 Telur juga merupakan salah satu sumber protein yang bagus, mereka mengandung berbagai vitamin (termasuk B, D, dan E), biotin, kalium, asam folat, dan asam lemak omega-3 (dalam kuning telur). Ahli gizi dan pelatih pribadi bersertifikat McKenzie Flinchum, RD, merekomendasikan untuk mengonsumsi 15 – 40 gram protein dalam makanan sesudah berolahraga untuk meningkatkan massa otot.
 
Yoghurt
 Yogurt adalah camilan pasca-latihan yang sempurna karena meningkatkan asupan protein Anda dan juga sumber karbohidrat yang bergizi. Menambahkan buah pada yoghurt setelah berolahraga juga disarankan karena mengandung karbohidrat sederhana, yang diserap dengan sangat cepat, kata Flinchum. "Kadar gula darah Anda turun saat berolahraga, tetapi buah dengan cepat meningkatkannya lagi," jelasnya.
 
Kacang-kacangan dan biji-bijian
 Jika Anda tidak punya waktu untuk memasak setelah berolahraga, bisa memilih kacang-kacangan atau biji-bijian. Tanya Etessam, seoerang fitness trainer, merekomendasikan untuk merendam kacang-kacangan atau biji-bijian sebelum dikonsumsi untuk memecah gluten, mengurangi asam fitat, dan menghilangkan tanin.
 
"Cara tersebut dapat membuat kacang lebih mudah dicerna dan meningkatkan penyerapan vitamin," katanya.
 
Smoothie
 Smoothie adalah camilan pasca latihan yang cepat dan mudah yang dapat Anda persiapkan sebelumnya. “Menggunakan bubuk protein adalah cara sederhana untuk menambahkan protein ke smoothie Anda,” kata Flinchum.
 
Tambahkan lebih banyak kebaikan dalam smoothie Anda dengan menambahkan segenggam hijau seperti bayam, yang mengandung sejumlah besar vitamin, zat besi, dan antioksidan yang meningkatkan imunitas.  (Medcom/OL-14)
 

BERITA TERKAIT