25 January 2020, 03:00 WIB

Cara Menghilangkan Suara Rantai Motor Berisik saat Musim Hujan


M. Bagus Rachmanto | Otomotif

BEBERAPA  jenis sepeda motor yang ada sekarang ini masih menggunakan komponen rantai untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Memasuki musim hujan seperti saat ini, rantai sepeda motor perlu mendapat perawatan ekstra.
 
Saat musim hujan rantai motor biasanya akan lebih sering mengeluarkan suara berisik. Sudah pasti hal tersebut cukup mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara. Suara berisik yang muncul karena rantai dalam kondisi kotor, kering atau kaku.
 
"Rantai bisa kotor, kering atau kaku karena saat musim hujan akan lebih sering terkena genangan air atau debu yang lengket," kata pemilik bengkel motor Bengbrand, Yosi di Bekasi, Rabu (22/1/2020).

Kalau kotoran tidak segera dibersihkan, yang terjadi tidak hanya munculnya suara berisik, tapi rantai juga bisa rusak akibat kotoran yang menempel dan menumpuk, menggumpal yang lama-kelamaan juga akan bisa merusak rantai.
 
Untuk menghilangkan suara berisik dari rantai terlalu sulit. Anda selaku pemilik kendaraan cukup membersihkan rantai dan setelahnya memberinya pelumas. Pelumasan rantai motor secara berkala penting dan sangat disarankan, terlebih di musim hujan. Berikut langkah pembersihan dan pelumasan rantai motor yang tepat.
 
Semprot rantai dengan cairan penetran, lalu diamkan sesaat. Setelah itu, bersihkan rantai motor menggunakan sikat khusus atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Semprotkan lagi rantai dengan cairan penetran atau minyak tanah. Proses ini akan membuat kotoran di sekitar rantai dan gear rontok. Keringkan rantai motor dengan lap kering.
 
Terakhir, lumasil rantai dengan cairan chain lube. Semprotkan chain lube di mata gear dan rantai secara merata. Ingat, jangan sekali-kali memakai oli bekas untuk melumasi rantai, karena oli bekas mengandung kotoran yang dihasilkan dari proses pelumasan di mesin. Oli bekas juga bisa membuat debu dan kotoran menempel di rantai.
 
Bagaimana kalau rantai masih berisik?
 
Kalau rantai masih berisik padahal sudah dibersihkan dan dilumasi, maka perlu dilakukan penyetelan kembali karena rantai kendur. Penyetelan ketegangan rantai juga harus pas, karena akan berpengaruh terhadap kinerja mesin. Selain itu, setelan rantai yang terlalu kencang akan membuat rantai cepat renggang.
 
"Rantai sudah harus diganti jika renggang. Ada juga yang menggunakan cara dengan memotong rantai biar bisa disetel lagi. Namun hal itu tidak terlalu direkomendasikan. Jika memang melakukan itu, usahakan batas pemakaian paling lama satu bulan agar aman," saran Yosi.
 
Untuk mengganti spare part, Yosi menyarankan untuk menggunakan yang orisinil untuk komponen rantai dan gir. Sebisa mungkin juga satu paket agar lebih awet dan kualitas terjamin.  (Medcom/OL-14)

BERITA TERKAIT