24 January 2020, 12:02 WIB

Rerie Moerdijat: Tahun Baru Imlek Merayakan Keberagaman


Mathias S Brahmana | Humaniora

PERAYAAN Tahun Baru Imlek adalah bagian integral dari kekayaan budaya Nusantara. Karena itu ekspresi perayaannya tidak layak dikhawatirkan oleh siapapun. Malah perayaan Imlek menjadi faktor perekat antara sesama anak bangsa untuk merayakan keberagaman. Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengemukakan hal itu di Jakarta, Kamis (23/1) menyambut Tahun Baru Imlek 2020 yang jatuh pada 25 Januari ini.

Lestari Moerdijat yang akrab disapa Rerie mengajak seluruh lapisan masyarakat mengucapkan Selamat Hari Raya Imlek kepada siapa saja yang merayakannya. Menurut Lestari Moerdijat, di satu sisi Imlek menunjukkan banyaknya kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di Tanah Air. Di sisi lain, dengan merayakan Imlek secara bersama semakin menguatkan masyarakat Indonesia sebagai bangsa yang multikultur dan multietnis.

"Imlek itu adalah realitas yang hidup dan menjadi bagian dari budaya bangsa ini. Jadi tak ada alasan menolaknya," kata legislator NasDem itu.

Keragaman kultur, etnis, agama, tambah Rerie, adalah sebuah keniscayaan. Karena itu, tidak ada pilihan lain bagi semua anak bangsa ini kecuali menerimanya. Untuk itu keragaman sebagai aset utama bangsa ini harus terus menerus dipelihara, dijaga dan dirawat.

baca juga: Warga BSD City Diajak Lakukan Pemilahan Sampah

Politisi NasDem itu mengajak seluruh anak bangsa khususnya elite untuk menjadi contoh merayakan secara bersama Imlek untuk menjaga pluralisme bangsa. Jangan sampai ada pihak yang secara sadar dan sengaja menghembuskan sentimen-sentimen yang bisa mengancam keberagaman bangsa ini. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT