23 January 2020, 14:55 WIB

Permintaan Hunian Kos di Indonesia Terus Meningkat


Deri Dahuri | Ekonomi

BEBERAPA tahun belakangan ini, terjadi peningkatan urbanisasi bersamaan dengan peningkatan harga rumah yang semakin mahal.

Fenomena tersebut menyebabkan peningkatan permintaan terhadap hunian kos di Indonesia khususnya di kalangan milenial dan Gen Z yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta.

Perusahaan manajemen hotel berbasis teknologi, RedDoorz, meluncurkan KoolKost di Jakarta, Kamis (23/1).

"KoolKost adalah sebuah layanan tempat tinggal atau kos yang terjangkau dan terkelola secara keseluruhan, yang memungkinkan pelanggan menyewa kamar dengan skema penyewaan yang fleksibel," kata Adil Mubarak, Vice President of Operations RedDoorz .

Hingga kini, Adil menjelaskan bahwa KoolKost telah mengoperasikan lebih dari 100 jaringan properti kos di 14 kota di seluruh Indonesia. KoolKost bertujuan untuk menyediakan alternatif dan solusi yang lebih terjangkau untuk memiliki hunian dan tempat tinggal jangka panjang. 

KoolKost menyediakan tempat hunian bersama yang fleksibel dan berkualitas. KoolKost berfokus pada pengalaman, kemudahan, dan kenyamanan tinggal untuk pekerja dan mahasiswa di kota-kota besar di Indonesia. Hunian ini dipilih dengan teliti berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

Dengan menggunakan RedEagle, alat pendeteksi dan pengakuisisi properti, perusahaan dapat mengidentifikasi properti yang tepat untuk KoolKost, sesuai dengan parameter pencarian yang spesifik.

"Ini alasan kami dengan bangga meluncurkan KoolKost, dengan lebih dari 100 properti yang tersebar di 14 kota di Indonesia. Sebagai platform manajemen dan pemesanan hotel online terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia dan Asia Tenggara, RedDoorz, memanfaatkan pengalaman dalam bidang perhotelannya untuk memberikan pengalaman bertempat tinggal yang berkelas bagi pengguna kam," papar Adil.

Layanan baru yang dioperasikan RedDoorz ini menyediakan layanan pelanggan 24 jam, WiFi berkecepatan tinggi, jasa pembersihan kamar, dan air isi ulang.

Semua kamar KoolKost dilengkapi dengan kamar mandi dalam, serta perabotan dan perlengkapan berkualitas tinggi termasuk tempat tidur premium dengan matras yang nyaman, bersih, dan lemari pakaian dengan tempat penyimpanan yang cukup luas.

Dapat dukungan dari Kemenparekraf

Hengky Manurung, Asisten Deputi Investasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyatakan, "Kami menyambut baik diluncurkannya produk baru RedDoorz pada hari ini, yaitu KoolKost yang menyasar bisnis kos di Indonesia."

"Peluncuran ini merupakan tindak lanjut manajemen RedDoorz untuk menjawab permintaan kami sebagai regulator untuk membedakan bisnis hotel dengan kos sehingga bisnis perhotelan di Indonesia tetap terjaga ekosistemnya dan bertumbuh semakin menguntungkan serta untuk bisnis kos menjadi lebih terstruktur," papar Hengky.

Christian Adiwena, pemilik KoolKost di AEON BSD, Tangerang Selatan mengatakan, "Kami sangat senang karena bisa menjadi salah satu properti KoolKost pertama yang diluncurkan oleh RedDoorz."

"Sejak bekerja sama dengan RedDoorz dalam program uji coba KoolKost, kos milik saya menjadi bukti adanya peningkatan hunian terus menerus hingga lebih dari 50%. KoolKost membantu saya untuk memasarkan kos saya ke masyarakat dengan lebih luas," ujar Christian. (OL-09)

 

BERITA TERKAIT