23 January 2020, 21:02 WIB

Perhutani Pati Siapkan 700 Hektare untuk Umi Porang


Retno Hemawati | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mendorong petani yang memanfaatkan kawasan hutan untuk membudidayakan tanaman porang sebagai tanaman umbi-umbian dengan nilai ekonomis tinggi. "Perhutani bahkan sudah menyediakan lahan seluas 700 hektare untuk ditanami porang, petani tinggal menyiapkan bibit dan kebutuhan penanamannya," kata Bupati Pati Haryanto di sela menanam bibit tanaman porang di kawasan hutan Dukuh Kalongan Kidul, Desa Karangsumber, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Kamis (23/1).
  
Kegiatan penanaman porang yang diprakarsai oleh Asosiasi Petani Porang Pati (Asperati), juga dihadiri Administrator Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pati Sukidi dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati Muchtar Effendi. Sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah, Haryanto juga berjanji untuk membantu pengadaan bibit tanaman porang lewat APBD Perubahan 2020. Usulan anggarannya lebih dari Rp200 juta dan pengadaannya melalui pihak ketiga.
  
Keikutsertaannya dalam kegiatan penanaman porang di Desa Karangsumber, lanjut Haryanto, untuk memotivasi masyarakat, terutama para pemuda agar membudidayakan tanaman porang. "Selain menguntungkan, budi daya tanaman porang juga bagian dari upaya pelestarian hutan. Anak-anak muda tidak perlu merantau ke negeri orang cukup bergabung dengan asosiasi petani porang," ujarnya.
  
Hasil pertanian porang, kata dia, sangat menggiurkan karena Menteri Pertanian dan Gubernur Jateng telah melakukan ekspor perdana di
Semarang, sehingga 1,5 tahun mendatang Pati bisa mengekspor porang. (Ant/OL-12) 

BERITA TERKAIT