23 January 2020, 20:44 WIB

Pakistan Uji Coba Rudal Balistik di Tengah Situasi Tegang


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

MILITER Pakistan, Kamis (23/1), mengatakan telah berhasil menguji rudal balistik Ghaznavi di tengah meningkatnya ketegangan dengan rival bebuyutan mereka, India.

Dinamai sesuai dengan raja Afghanistan abad ke-11, rudal itu mampu mengirimkan beberapa jenis hulu ledak hingga jarak 290 kilometer, menurut pernyataan dari sayap media tentara, Inter-Services Public Relations (ISPR).

"Ini adalah bagian dari latihan militer yang bertujuan melatih pasukan untuk pertempuran," tambah pernyataan itu.

Presiden Arif Alvi, Perdana Menteri Imran Khan, dan tiga kepala dinas memberi selamat kepada bangsa atas pencapaian penting itu, kata pernyataan tersebut.

Gejolak baru dalam ketegangan yang telah meningkat antara dua saingan bersenjata nuklir dipicu oleh langkah New Delhi yang menghapus hak-hak khusus dari Jammu dan Kashmir yang dikelola India pada Agustus tahun lalu.

India dan Pakistan sama-sama menguasai Kashmir di sebagian dan mengklaimnya secara penuh. Tiongkok juga mengendalikan bagian dari wilayah yang diperebutkan. Tetapi hanya India dan Pakistan yang telah terlibat dua perang atas Kashmir. (Anadolu/Hym/OL-09)

 

 

BERITA TERKAIT