24 January 2020, 03:40 WIB

Fisik Pemain Timnas U-19 Puaskan Shin


MI | Sepak Bola

MANAJER pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan ia akan terus menggenjot fisik para pemain timnas U-19 selama pemusatan latihan di Chiang Mai, Thailand. Selain mendatangkan pelatih fisik dari Korea Selatan, dia juga menggunakan sport science untuk mendata ketahanan fisik para pemain.

“Kami juga mengadakan tes fisik untuk para pemain. Hasilnya, cukup memuaskan. Akan terus ditingkatkan sepanjang pemusatan latihan di sini. Penggunaan sport science untuk tes fisik juga digunakan,” kata Shin Tae-yong dilansir dari laman PSSI, kemarin.

Sementara itu, asisten pelatih timnas Indonesia, Nova Arianto, mengaku peningkatan daya tahan pemain memang jadi fokus Shin Tae-yong selama di Thailand. Ia mengatakan, perlahan Shin Tae-yong akan menerapkan skema latihan fisik yang menggenjot daya tahan pemain, seperti lari sejauh 5 kilometer.

“Memang fokus coach Shin untuk meningkatkan fisik pemain. Coach Shin perlahan menggenjot daya tahan pemain sampai level fisik yang ia inginkan,” kata Nova.

Di sisi lain, Sekretaris Kementerian Pemuda dan ­Olahraga, Gatot S Dewa Broto, mengatakan FIFA telah menentukan enam stadion yang akan digunakan selama Piala Dunia U-20 2021. Keenam stadion itu ialah Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali.

Gatot mengatakan dari enam sadion itu masih terdapat beberapa catatan. Salah satunya, Stadion Mandala Krida yang belum memiliki single seat. Ia mengatakan untuk catatan itu segera dikebut pengerjaannya dan harus mengalami progres selama disidak FIFA.

“Ada yang masih catatan harus segera renovasi. Harus ada progres. Maret, FIFA akan datang, Juli juga, Desember juga. Pada saat inspeksi harus ada progres,” ungkap Gatot.

Gatot mengatakan, terkait dengan pengerjaan renovasi itu akan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) dan diharapkan rampung pada Desember 2020 sehingga akan selesai sebelum kick-off pada 24 Mei 2021. (Jri/R-1)

 

BERITA TERKAIT