23 January 2020, 20:13 WIB

Menkes: Indonesia Siap Tangkal Virus Korona


Atalya Puspa | Humaniora

MENTERI Kesehatan, Terawan Agus Putranto, memastikan Indonesia siap melakukan pencegahan dan penanganan terhadap virus korona, yang berasal dari Kota Wuhan di Tiongkok.

"Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama TNI dan Polri, sudah menyiapkan segala simulasi. Termasuk melakukan pendeteksian di 135 pintu masuk darat laut udara, dengan kesiapan 24 jam penuh," kata Terawan di Jakarta, Kamis (23/1).

Dirinya juga memastikan fasilitas kesehatan di Indonesia selalu dalam kondisi siap, mengantisipasi masuknya virus korona di Indonesia. Dalam hal ini, dia menyinggung kabar seorang karyawan Huawei yang diduga terjangkit virus berbahaya tersebut.

Baca juga: Kemenkes Yakin Virus Korona belum Masuk Indonesia

"Kalau ada yang terjangkit, kita isolasi. Yang penting kita sudah siapkan semua simulasinya. Berbeda kalau kita bertempur tapi gak siap. Saya sebagai Menkes sudah bilang siap. Orang boleh masuk tapi penyakitnya gak boleh masuk," pungkasnya.

Dirinya juga mengimbau masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan, dan memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala penyakit. "Kita semua jaga kesehatan. Kalau batuk pilek, mulutnya ditutup. Jangan batuk di muka orang," tutup dia.(OL-11)

BERITA TERKAIT