23 January 2020, 20:10 WIB

Pemkot Depok Dinilai Bingung Atasi Darurat Sampah


Kisar Rajagukguk | Megapolitan

 

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok dan Ombudsman menilai Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tak mampu mengatasi persoalan sampah di TPA Cipayung. Lokasi tersebut sudah kelebihan beban, tapi belum ada lahan penggantinya.

"Pemkot Depok harusnya berusaha membuat lokasi pembuangan sampah baru, tak hanya mengandalkan tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung di Kota Depok, " tegas Anggota DPRD Kota Depok Babai Suhaemi dan Komisioner Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Ahmad Sobirin ketika dikonfirmasi  terpisah terkait buruknya penanganan masalah sampah di Kota Depok, Kamis (23/1).

Menurut Babai, sebenarnya APBD Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok cukup untuk membuat lokasi pembuangan sampah baru. Apalagi, lokasi baru sudah tersedia seluas 6,5 hektar (ha) di Kelurahan Pasir Putih, Sawangan.

Namun sayangnya, menurut politikus PKB ini, DLHK Kota Depok tidak  serius menangani masalah sampah di TPA Cipayung.

Lebih lanjut Babai menjelaskan, saat ini ratusan warga dari 6 RT yang rumahnya berdekatan dengan TPA cipayung, yakni RT OO2, RT OO3, RT OO 5 RW O7 Kampung Bulak dan RT OO3, RT OO4 RW O6 Kampung Benda Kelurahan Cipayung, Kota Depok penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), Jamur kulit dan diare.

Selain penyakit, tiga perumahan mengalami kebanjiran pada awal Januari lalu akibat timbunan sampah dari TPA Cipayung longsor hingga menutup badan kali Pesanggarahan yang letaknya berada dibawah TPA Cipayung.

"Sampah TPA menutupi badan kali Pesanggarahan dan membanjiri tiga perumahan, " ucapnya.

Buruknya penanganan sampah yang dilakukan Pemkot Depok, disayangkan Komisioner ORI, Ahmad Sobirin.

Dikatakan Sobirin, DLHK Kota Depok harusnya memanfaatkan 6,5 ha lahan yang dibebaskan Pemkot. Ini justru malah dibiarkan menjadi lahan tak bertuan.

"Saya jadi curiga investasi untuk perluasan TPA kenapa tidak jalan, jangan-jangan investasi belum ada, " ujarnya.

Sementara itu, Kepala bidang Kebersihan DLHK Kota Depok Iyai Gumilar mengatakan pihaknya berencana memindahkan pembuangan sampah Kota Depok yang berada di Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Lulut Nambo Kabupaten Bogor. " Sampah akan kita pindahkan ke TPPAS Kabupaten Bogor, " katanya.

Iyai menambahkan, pemindahan TPA Cipayung ke TPPAS Kabupaten Bogor diharapkan dapat mengatasi permasalahan sampah yang ada di Kota Depok. "Dengan hadirnya TPPAS tersebut diharapkan seluruh sampah yang dihasilkan warga bisa tertangani dengan baik, " ucapnya. (OL-13)

 

BERITA TERKAIT