23 January 2020, 18:40 WIB

Menkeu AS Sarankan Thunberg Belajar Ekonomi Sebelum Mengkritik


Adiyanto | Weekend

MENTERI Keuangan Amerika Serikat Steven Muchin menyarankan aktivis iklim Greta Thunberg, untuk belajar ekonomi sebelum mengajarkan orang lain.

Thunberg, aktivis asal Swedia berusia 17 tahun itu sangat kritis terhadap kebijakan AS, terutama terkait lingkungan hidup,  di Forum Ekonomi Dunia yang saat ini tengah digelar di Davos, Swiss.

Ditanya tentang permintaan Thunberg untuk penghentian segera investasi dalam bahan bakar fosil, Muchin mengatakan kepada wartawan "Setelah dia pergi dan belajar ekonomi di perguruan tinggi, dia dapat kembali dan menjelaskannya kepada kami."

Pemerintahan Trump dan Greta Thunberg berdebat secara tidak langsung sejak Selasa di panel-panel di Davos, tetapi para organisator dengan hati-hati menghindari konfrontasi langsung.

Dalam pidatonya Selasa lalu, Presiden AS Donald Trump mengecam para pengkritiknya dengan menyebut mereka sebagai nabi kehancuran dan mereka yang meramalkan iklim kiamat, sementara Thunberg duduk di antara hadirin kala itu.

Sesaat sebelum meninggalkan resor ski di Swiss itu, Trump mengatakan dia akan senang bertemu dengan aktivis yang dinobatkan sebagai Person of the Year majalah Time tersebut.

Di dalam forum ekonomi dunia itu, Thunberg mengulangi peringatannya tentang dampak perubahan iklim. Menurutnya sudah waktunya untuk panik lantaran bahayanya yang kian nyata. (AFP/M-4)
 

BERITA TERKAIT