23 January 2020, 18:06 WIB

Belum Tentukan Sikap, WHO Kembali Bahas Virus Korona


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) belum memutuskan apakah penyebaran virus korona, yang muncul dari Kota Wuhan, Tiongkok, sebagai darurat kesehatan global.

Dalam konferensi pers pada Rabu waktu setempat, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan komite darurat untuk korona virus corona akan kembali mengadakan pertemuan pada Kamis waktu setempat. Tepatnya setelah terjadi silang pendapat terkait keputusan tersebut.

“Ini adalah situasi yang berkembang dan kompleks. Keputusan apakah akan mengumumkan keadaan darurat publik adalah sesuatu yang saya anggap sangat serius,” ujar Tedros. Dia menambahkan saran tentang tindakan yang akan diambil juga akan diberikan kemudian.

Dia pun memuji langkah-langkah Tiongkok dalam menanggapi wabah virus. "Jika kita ingin menjaga dunia aman, transparansi adalah yang utama. Dan itulah yang telah kita lihat," pungkasnya.

Baca juga: Kemenkes Yakin Virus Korona belum Masuk Indonesia

Komite darurat melakukan pertemuan di Jenewa, Swiss. Melalui telekonferensi, mereka mengabarkan direktur jenderal tentang keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Virus korona juga dikenal sebagai 2019-nCoV, menyebabkan gejala seperti pneumonia. Virus itu teridentifikasi di Kota Wuhan, Tiongkok, yang memiliki populasi 11 juta jiwa pada akhir tahun lalu. Gejala virus termasuk demam, batuk, dan kesulitan bernapas.

Ratusan kasus telah dilaporkan di seluruh dunia, dengan Tiongkok mengonfirmasikan 440 kasus pada Rabu waktu setempat. Tedros menyebut otoritas berwenang mengambil kebukan keputusan yang tidak biasa, dengan menutup akses transportasi umum untuk menghentikan penyebaran virus.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT