23 January 2020, 16:18 WIB

Dominic Thiem Melaju ke Babak Kedua dengan Susah Payah


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

PETENIS nomor lima dunia, Dominic Thiem selamat dari kekalahan setelah dipaksa bermain lima set oleh petenis tuan rumah, Alex Bolt, di Australia Terbuka 2020, Kamis (23/1).

Bermain di Melbourne Arena pada putaran pertama, Thiem sanggup menang 6-2, 5-7, 6-7 (5/7), 6-1, dan 6-2 dalam waktu 3 jam 22 menit.

Petenis asal Austria itu memang tengah menargetkan mahkota grand slam pertamanya di Australia Terbuka 2020.

Ia sanggup melewati hadangan riuhnya sorak-sorai penonton yang mendukung langsung Bolt di lapangan.

Thiem sendiri termasuk di antara petenis yang diperkirakan akan memenangkan Major usai berhasil mencapai dua final Roland Garros terakhir. Namun, dirinya harus kesulitan saat bertemu dengan petenis peringkat 140 dunia, terutama di set kedua dan ketiga.

Baca juga : Medvedev Melaju ke Putaran Ketiga Australia Terbuka

"Itu pertandingan yang sulit, Bolt bermain bagus dan dia mendapat dukungan penonton," ujar Thiem, yang belum pernah melewati putaran keempat dalam enam upaya sebelumnya.

"Tapi saya juga suka bermain dalam suasana yang luar biasa,” tambahnya.

Di awal laga, Thiem tampak nyaman setelah melalui set pembukaan dan melakukan servis pada 5-4 untuk unggul dua set di depan.

Di set ketiga, Bolt memberikan perlawanan hebat dengan menyelamatkan tiga break point pada permainan servis terbaiknya. Hal ini membuat Thiem frustasi di set ketiga.

Namun, Thiem memulihkan ketenangannya dan setelah serangkaian reli yang panjang pecah dua kali untuk membawa pertandingan ke set penentuan.

Fokus dan kebugaran Thiem membuat dirinya bisa menentukan kemenangan di set ke lima. Di babak ketiga, Thiem akan menghadapi pertandingan sulit lainnya, di antaranya petenis AS Taylor Fritz atau petenis Afrika Selatan Kevin Anderson. (Atptour/YKb/OL-09)

BERITA TERKAIT