23 January 2020, 08:49 WIB

Berikut Langkah Pencegahan Penularan Virus Korona


Siswantini Suryandari | Humaniora

HINGGA saat ini belum ada vaksin yang mencegah kasus pneumonia mewabah saat ini. Menyikapi hal itu, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dalam keterangan resminya menyarankan beberapa hal untuk mencegah penularan virus korona jenis baru itu. PDPI meminta masyarakat jangan panik. Masyarakat diminta tetap waspada terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas, dan segera mencari pertolongan ke RS terdekat.

"Melakukan kebersihan tangan rutin. Terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata. Serta setelag memegang instalasi piblik. Mencuci tangan dengan air dan sabun cair, serta bilas setidaknya 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakaia," saran PDPI.

Apabila di sekitarnya tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan alkohol 70-80% handrub. Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk. Ketika meiliki gejala saluran napas, gunakan masker dan berobat ke fasilitas layanan kesehatan.

Bila sedang bepergian ke daerah hindari menyentuh hewan atau burung. Para traveler sebaginya hindari mengunjungi pasar basah, peternakan atau pasar hewan hidup. Hindari kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran napas. Patuhi petunjuk keamanan makanan dan aturan kebersihan.

Pemerintah Diminta Prioritaskan Angkat Honorer Jadi PNS

"Jika merasa kesehatan tidak nyaman ketika di daerah outbreak terutama demam atau batuk, gunakan masker dan cari layanan kesehatan. Setelah kembali dari daerah outbreak, konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lain dan beritahu dokter riwayat perjalanan serta gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit," sarannya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT