23 January 2020, 05:10 WIB

All-New Kia Seltos Bidik Konsumen Muda


(S-3) | Otomotif

MENGAWALI 2020, agen pemegang merek mobil Kia PT Kreta Indo Artha (KIA) meluncurkan All-New Kia Seltos di Mal Kasablanka pada Senin (20/1). Kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV) baru ini hadir dengan sederet fitur unggulan yang tidak dimiliki kendaraan sekelasnya.

SUV lima penumpang yang pertama kali diperkenalkan global di New Delhi, India, itu tampil dengan desain atraktif. Banyak pula teknologi mutakhir di dalamnya bersama fitur keselamatan yang lengkap.

Presiden Direktur KIA Andrew Nasuri mengatakan All-New Seltos merupakan model penting yang berperan dalam perluasan jejak global. "Dengan All-New Kia Seltos, kami membidik konsumen muda yang dekat dan sangat paham teknologi," imbuh Andrew.

All-New Kia Seltos mengusung grille tiger nose yang diperbarui sebagai identitas utama. Ia dirancang lebih menyatu antara grille besar dengan headlamp berteknologi multi-LED plus fitur auto light.

Bumper depan berdesain agresif menunjang untuk bermain off-road. Ditambah lagi ground clearance setinggi 183 mm yang memungkinkan kendaraan bertualang di medan menantang.

Desain belakangnya terlihat tegas dikombinasi tail light LED dengan ornamen futuristis menghasilkan pendaran cahaya yang menarik perhatian. Di bagian bawah bumper belakang terdapat lubang knalpot ganda yang mencerminkan kemampuan dapur pacu sebagai salah satu keunggulannya.

Tenaganya berasal dari mesin mutakhir Kappa 1.4 liter turbo E-WG (electronic control wastegate)-dual CVVT, GDI (gasoline direct injection) yang mampu merilis daya 140 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 242 Nm antara 1.500-3.200 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 7 speed dual clutch transmission (DCT).

Sentuhan khusus juga merambah ke kabin yang memancarkan aura kemewahan lewat penggunaan material bermutu tinggi dengan detail hingga bagian terkecil. Hal itu terlihat dari finishing pelapis jok yang dihiasi pola wajik pada alas duduk dan sandarannya. Desain dashboard juga menganut driver oriented.

Sentuhan high-tech tertuang lewat monitor infotainment dan panel instrumen. Meter cluster supervision berupa monitor ukuran 7 inci berisi ragam informasi penting seputar kendaraan. Pusat sarana hiburan dan komunikasi terpampang jelas di bagian tengah melalui monitor LCD 8 inci.

Selain bluetooth voice recognition, head unit All-New Kia Seltos dilengkapi Apple Car Play dan Android Auto. Layar monitor pun mampu menampilkan visual kamera parkir untuk memantau bagian belakang, bahkan saat kendaraan sedang berjalan bila diperlukan. "Bluetooth-nya bahkan dapat pairing dengan dua smartphone sehingga penumpang dapat memutar file lagu yang ada dalam ponsel," ujar Andrew.

SUV yang dibuat di pabrik tercanggih Kia India itu menawarkan tiga varian, yakni E, EX, dan EX+. Harga masing-masing sebesar Rp295 juta, Rp320 juta, dan Rp355 juta (OTR Jakarta).

Pilihan warnanya ada enam, yakni glacier white pearl, aurora black pearl, intelligence blue, intense red, steel silver, dan punchy orange. Kia pun memberikan garansi 5 tahun tanpa batas kilometer. (S-3)

BERITA TERKAIT