22 January 2020, 19:01 WIB

Wantimpres akan Jaring Aspirasi Masyarakat Luas


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

DEWAN Pertimbangan Presiden (Wantimpres) bakal menjaring aspirasi masyarakat seluasnya sebagai bahan memberikan nasihat kepada presiden.

Ketua Wantimpres Wiranto mengatakan, pihaknya akan berperan sebagai pembeda dalam memberi masukan terkait kebijakan-kebijakan yang dijalankan pemerintah.

"Kami harus mampu mendengarkan aspirasi masyarakat, aspirasi, dan harapan-harapan mereka yang tidak tertangkap oleh presiden," kata Wiranto usai bertemu Presiden Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (22/1).

Mantan Menko Polhulkam itu mengatakan peran Wantimpres nantinya juga akan membantu presiden dengan aktif mengidentifikasi masalah-masalah aktual terkait dengan kebijakan presiden.

Baca juga : Wantimpres dan Stafsus Segera Setor LHKPN

Wiranto menegaskan, Wantimpres tidak ingin memberikan pertimbangan yang telah diberikan oleh kementerian/lembaga lain untuk menghindari tumpang tindih dengan berbagai instrumen lain di pemerintahan.

"Kami juga akan mencoba mencari masalah-masalah aktual yang ada hubungannya dengan kebijakan presiden. Sehingga dari temuan-temuan kami bisa menyampaikan saran dan pertimbangan. Yang pasti kami tidak ingin nasihat itu duplikasi dengan yang lain apakah itu kementerian, lembaga, TNI, BIN, staf ahli," imbuhnya.

Wiranto mengimbuhkan nasihat yang akan diberikan kepada presiden nantinya bukan menjadi konsumsi publik. Hal itu, ujar dia, sudah diatur dalam ketentuan yang berlaku.

Dalam pertemuan itu, Wiranto didampingi anggota Wantimpres lainnya yakni Sidharto Danusubroto, Agung Laksono, Putri K Wardani, dan Lutfi bin Yahya. (OL-7)

BERITA TERKAIT