22 January 2020, 17:11 WIB

Festival Makanan Vegetarian di Wihara Maitreya Batam


Retno Hemawati | Humaniora

MAHA Vihara Duta Maitreya di Kota Batam Kepulauan Riau menggelar Festival Makanan Vegetarian untuk memeriahkan Tahun Baru China 2571, Sabtu (25/1). "Tanggal 1 Imlek, akan menyelenggarakan kebaktian dan makanan vegetarian dari pagi hingga malam," kata Pimpinan Maha Vihara Duta Maitriya, Pandita Liyas Masri, Rabu (22/1).
  
Selain umat Budha, menurut dia, banyak saudara dari agama lain yang akan berkumpul untuk bersilaturahmi dalam perayaan Imlek di sana. Pengunjung wihara juga tidak hanya WNI, melainkan dari negara jiran yang sekaligus berwisata di Batam.
  
Untuk Festival Makanan Vegetarian, panitia menyiapkan 10 jenis makanan untuk seluruh pengunjung yang datang. "Karena sifatnya buffet, maka kami siapkan 10 jenis makanan, sekaligus sampai beberapa jalur," kata dia. Makanan yang disiapkan, kata dia adalah yang sehat dan nabati.
  
Menurut dia, Imlek sejatinya merupakan budaya, yang mengandung nilai-nilai kehidupan. Imlek, kata dia, selalu dislogankan dengan kata-kata positif dalam aksara Chiba, seperti kebahagiaan, dan keberuntungan serta baru dan lama.
  
Puncak perayaan Imlek di Maha Vihara Duta Maitreya akan digelar saat Cap Go Meh, dengan menggelar pertunjukan kesenian. "Karena biasanya tanggal 1 itu keluarga saling  bersilaturahmi," kata dia. Pagelaran kesenian itu nantinya akan bernuansakan semangat Imlek, yaitu kebahagiaan, suka cita, harapan baru dan kasih sayang. (Ant/M-12)

BERITA TERKAIT