22 January 2020, 17:30 WIB

Film Biopic tentang Leonard Bernstein bakal Ditayangkan Netflix


Fathurrazak | Weekend

FILM musikal tentang komposer Leonard Bernstein yang semula digarap oleh Studio Paramount, bakal diambil alih oleh layanan streaming Netflix. Film ini disutradarai Bradley Cooper, aktor Hollywood yang antara lain pernah bermain di film The A-Team dan American Sniper. Ini menjadi film feature kedua yang bergenre drama musikal yang digarap Cooper setelah A Star Is Born.

Selain sutradara, Cooper juga berperan di film ini sebagai Bernstein. Dia juga bertindak sebagai penulis skenario. Ia berkolaborasi dengan Josh Singer yang sebelumnya menggarap naskah Spotlight dan The Post.

Film kedua garapan Cooper ini akan menceritakan hidup Bernstein, terutama tentang pernikahan rumit sang komposer dengan istrinya Felicia Montealegre. Bernstein merupakan komposer, konduktor, pianis asal Amerika Serikat. Berbagai karyanya, terutama bersama New York Philharmonic, telah diproduksi di seluruh dunia. Bernstein dilahirkan di Lawrence, Massachusetts pada 25 Agustus 1918.  Ayahnya, Sam Bernstein adalah seorang pengusaha dan pemilik toko buku di pusat kota Lawrence di sudut Jalan Amesbury.

Sam pada awalnya menentang keinginan Leonard yang ingin menjadi seorang pianis. Namun, suatu ketika Sam mendengarkan Leonard kecil yang bermain piano dengan sangat bagus hatinya pun luluh. Dia bahkan membelikan sebuah piano untuk Leonard. Leonard kemudian mulai menekuni pelajaran piano hingga dan masuk ke sekolah Latin Garrison dan Boston (Garrison and Boston Latin Schools). Setelah lulus dari Boston Latin School di 1935, Bernstein masuk Harvard University dan belajar musik bersama Edward Burlingame Hill dan Walter Piston, seorang penulis harmoni. Leonard menyelesaikan studinya di Harvard pada 1939 dengan predikat cum laude. Dia kemudian melanjutkan studinya di Institut Curtis of Music di Philadelphia. Bernstein wafat pada Oktober 1990.

Seperti dikutip Hollywood Reporter, film tentang sang komposer  ini semula direncanakan digarap bersama Studio Paramount, tetapi lisensinya tetap di tangan Cooper yang kemudian memutuskan untuk menayangkannya di Netflix. Dalam proyeknya ini, dia telah bekerja sama secara intens dengan anak-anak Bernstein, Jamie, Alexander, dan Nina selama dua tahun terakhir.
Setelah proyek film musikal ini beralih ke studio layanan streaming Netflix, film ini bakal diproduseri oleh Martin Scorsese bersama Steven Spielberg, dan Todd Phillips. Uniknya, Netflix juga berencana merilisnya di jaringan bioskop. Tampaknya, ini sebagai strategi untuk memperkuat status film rilisan perusahaan layanan streaming tersebut di saat penyelenggaraan Piala Oscar berlangsung. (M-3)

BERITA TERKAIT