22 January 2020, 16:49 WIB

Mulai 2020 Universitas Terbuka Ikut SNMPTN


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

MULAI tahun ini Universitas Terbuka (UT) akan tergabung dalam pelaksana seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) bersama 84 peguruan tinggi negeri (PTN) lainnya yang baru terdaftar.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, dari 85 PTN tersebut, 11 di antaranya merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam atau Universitas Islam Negeri (UIN).

“Mulai tahun 2020 bertambah ada Universitas Terbuka (UT) yang baru bergabung, tapi hanya ikut di SNMPTN. Itu pun hanya untuk dua program studi yang berhubungan dengan teknologi informasi dengan total daya tampung hanya 50 orang,” kata Budi dalam pernyataan resmi, Rabu (22/1).

Jika Universitas Terbuka hanya ikut di SNMPTN, berbeda dengan UIN yang bisa ikut di SNMPTN maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Namun UIN hanya bisa mengikuti SNMPTN dan SBMPTN untuk bidang studi atau program studi umum.

“Jadi (prodi) yang khusus keagamaan tidak ikut kita,” kata Budi.

Beberapa UIN yang sudah bergabung dengan LTMPT antara lain UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Budi mengatakan, saat ini LTMPT sedang berupaya membangun sinergitas agar politeknik juga bisa bergabung dengan LTMPT. LTMPT akan mengkaji harmonisasi peraturannya terlebih dahulu.

Dia menuturkan, saat ini berdasarkan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 60 Tahun 2018 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, politeknik belum bergabung dengan LTMPT. (OL-2)

BERITA TERKAIT