22 January 2020, 13:39 WIB

Polda Metro Jaya Sita 1,3 Ton Ganja dalam Dua Bulan


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

KAPOLDA Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengungkap kasus tindak pidana narkotika jenis ganja yang ditangani Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya beserta empat Polres jajarannya.

Untuk mengelabui petugas kepolisian, ganja dengan berat ribuan kilogram tersebut dikemas ke dalam paket-paket dengan kemasan cokelat.

"Hasil penyelidikan anggota Direktorat Narkoba, kami menyita barang bukti dengan total sebesar 1,343 ton. Ini dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Barat, Polres Jakarta Selatan, Polres Metro Kabupaten Bekasi, dan Polres Metro Depok," papar Nana di Mapolda Metro Jaya, Rabu (22/1).

Ganja tersebut merupakan hasil penangkapan selama periode dua bulan, dari Desember 2019 hingga Januari 2020.

Menurut Nana, ribuan kg ganja itu disita dari tangan 19 tersangka. Satu dari total tersangka dilakukan tindakan tegas dan terukur karena melakukan perlawanan kepada petuguas saat akan ditangkap.

Baca juga : AKB Andi Sanjaya Diperiksa Propam Polda Metro Jaya

"Dari hasil keterangan para tersangka, mereka akan mengedarkan narkoba ini, ganja, yaitu di wilayah jajaran Polda Metro Jaya," ujar Nana.

Adapun rincian dari ganja yang berhasil disita yakni, Ditresnarkoba PMJ (410 kg), Polres Metro Jakarta Barat (308 kg + 12 batang pohon ganja), Polres Metro Jakarta Selatan (374 kg), Polres Metro Kabupaten Bekasi (200 kg), dan Polres Metro Depok (51 kg).

Para tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 111 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana seumur hidup atau pidana paling singkat lima tahun dan paling lama 20 tahun. (Tri/OL-09)

BERITA TERKAIT