22 January 2020, 10:55 WIB

Sistem E-Budgeting Baru DKI Jakarta akan Diluncurkan Februari


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

SISTEM e-budgeting yang baru akan segera diluncurkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta Atika Nur Rahmania, dalam sistem tersebut disediakan fitur yang unggul dan memudahkan berinteraksi dengan warga. Sistem tersebut digunakan untuk menyusun APBD DKI Jakarta 2021.

"Masyarakat akan interaktif dengan fitur bisa komen, beri rating terhadap kegiatan dan beberapa fitur publik literasi APBD itu akan kami tampilkan. Awal Februari ini sistem e-budgeting sudah go live (rilis)," ujar Atika di Jakarta, Rabu (22/1).

Baca juga: Anies Groundbreaking Jembatan Layang CWS-ASEAN

Selain itu, Atika juga memastikan sistem e-budgeting yang baru tersebut akan lebih transparansi dan memiliki akuntabilitas dalam penyusunan APBD DKI Jakarta.

"Jadi, bukan hanya melihat sebatas angka, tapi juga mengerti bagimana proses, bagaimana kebijakan APBD secara utuh. itu semua akan kita tampilkan," kata Atika

Atika juga menambahkan, fitur-fitur yang berada dalam sistem e-budgeting itu dipastikan keamanannya datanya.

"Kami memastikan seluruh produk dari sistem informasi itu juga terkendali keamanan data dan memastikan penggunaan seluruh wizard sistem dalam produksi data APBD yang akuntabel dan transparan," tuturnya.

Warga Jakarta bisa memiliki akun dan mengakses informasi APBD DKI 2021 nanti dengan syarat mendaftarkan alamat surel dan nomer NIK. Setelah itu, Pemprov akan melakukan validasi dengan standar security. (OL-1)

BERITA TERKAIT