22 January 2020, 07:07 WIB

Bermain dengan 10 Pemain, Arsenal Sukses Imbangi Chelsea


Antara | Sepak Bola

ARSENAL yang harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-26 pertandingan berhasil mengimbangi tuan rumah Chelsea 2-2 dalam derbi London di pekan ke-24 Liga Primer Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Rabu (22/1) dini hari WIB.

Setelah peluang awal Chelsea lewat Callum Hudson-Odoi berakhir membentur mistar gawang, tuan rumah mendapat keuntungan besar setelah mantan pemain mereka yang kini berseragam Arsenal, David Luiz, melakukan pelanggaran keras terhadap Tammy Abraham di dalam kotak penalti pada menit ke-26.

Hadiah tendangan penalti dieksekusi dengan baik oleh Jorginho yang tenang menaklukkan kiper Bernd Leno untuk membuka keunggulan Chelsea. Adapun Luiz diganjar kartu merah.

Ketimpangan jumlah pemain berusaha terus dieksploitasi Chelsea, tetapi banyak peluang yang mereka ciptakan tidak kunjung membuahkan hasil.

Baca juga: Gol Tunggal Aguero Antar City Kalahkan Sheffield

Alih-alih menambah keunggulan, gawang Chelsea malah kebobolan pada menit ke-63 saat N'Golo Kante terpeleset di dekat garis tengah lapangan, memberikan kesempatan Gabriel Martinelli menerobos ke pertahanan tuan rumah dan melepaskan tembakan mendatar yang tidak mampu diantisipasi kiper Kepa Arrizabalaga. Chelsea satu, Arsenal satu.

Gol itu seolah melecut semangat juang The Gunners untuk menaklukkan kondisi tidak menguntungkan yang mereka alami bahkan Alexandre Lacazette berhasil menyarangkan bola ke gawang Chelsea pada menit ke-72, tetapi ia terlanjur masuk jebakan offside pertahanan tuan rumah.

Chelsea lantas berusaha merebut kembali kendali permainan tetapi tembakan Willian, tandukan Abraham, dan sundulan Ross Barkley masih bisa diamankan Leno.

Pada menit ke-84, Chelsea akhirnya merestorasi keunggulan mereka lewat situasi sepak pojok yang gagal diantisipasi para pemain Arsenal dan bola jatuh ke hadapan Cesar Azpilicueta sebelum sang kapten mencetak gol kedua tuan rumah.

Namun, keunggulan itu tidak bertahan lama, tiga menit kemudian Hector Bellerin mengendalikan umpan kiriman Lucas Torreira, menusuk dari sisi kanan, dan melepaskan tembakan kaki kiri yang melengkung tidak terjangkau Kepa. Arsenal menyamakan kedudukan 2-2.

Chelsea sebetulnya punya peluang emas untuk memenangkan pertandingan jika saja umpan silang Hudson-Odoi yang berhasil melewati Granit Xhaka bisa diselesaikan lebih baik oleh Michy Batshuayi. Tetapi, penyerang Belgia itu mendapati tembakannya melenceng di sisi gawang dari jarak dekat.

Skor 2-2 bertahan hingga peluit tanda laga usai dan Arsenal pantas meraih satu poin yang mereka dapat secara susah payah dalam kondisi tidak ideal.

Hasil itu tidak mengubah posisi kedua tim di klasemen, Chelsea tetap di peringkat keempat dengan koleksi 40 poin, sedangkan Arsenal yang memiliki 30 poin tertahan di urutan ke-10. (OL-1)

BERITA TERKAIT