22 January 2020, 03:25 WIB

Pasukan Tae-yong Adaptasi Skema Main


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

PEMAIN timnas U-19 Bagas Kaffa mengaku tak sabar untuk menjajal kekuatan klub Korea Selatan saat pemusatan latihan di Chiang Mai, Thailand.

Bagas Kaffa dan kawan-kawan akan mengikuti pemusatan latihan di bawah arahan Shin Tae-yong dan staf kepelatihannya, yakni Gong Oh-kyun, Indra Sjafri, dan Nova Arianto.

Sebanyak 28 pemain melakoni pemusatan latihan di Chiang Mai hingga 13 Februari mendatang. Sebanyak enam laga uji coba telah disiapkan menghadapi tim Korsel dan tim lokal, kendati hingga kemarin belum dibeberkan nama-nama tim yang bakal menjadi lawan tanding skuad Garuda Muda.

Bagas mengatakan dirinya me-ngantongi kekuatan sepak bola Korea Selatan. Menurutnya, klub Korea Selatan tak jauh beda dengan Korea Utara yang pernah ia hadapi saat kualfikasi Piala Asia U-19 di Jakarta, Oktober lalu.

"Korea Selatan mungkin tidak jauh beda dengan Korea Utara juga ya berikan yang terbaik untuk bela negara. Excited banget," kata Bagas, kemarin.

Lebih lanjut, Bagas mengatakan pemusatan latihan di Thailand ini menjadi momentum bagi dirinya untuk memahami filosofi sepak bola yang dibawa Shin Tae-yong. Ia berharap segera beradaptasi dengan skema Shin Tae-yong dan bertahan di skuad hingga Piala Dunia U-20 2021.

"Nanti kita belajar banyak lagi dengan Shin Tae-yong dengan stafnya juga. Nanti kita akan lebih dalam lagi karakter yang dia mau. Mudah-mudahan kita juga cepat beradaptasi dengan apa yang dia mau juga," kata Bagas, kembaran Bagus Kaffi, striker tim Garuda Select, yang saat ini melakoni pemusatan latihan di Italia.

Di bagian lain, Alfeandra Dewangga mengaku mengalami peningkatan yang positif sejak mengikuti seleksi timnas U-19 di bawah arahan Shin Tae-yong.

Alfeandra mengaku pelatih Korsel itu mampu menggenjot fisik dan stamina selama proses seleksi di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, sejak Senin (13/1).

"Fisik pasti banyak positifnya, karena pelatih dari Korea Selatan kan memang fokus di fisik. Jadi, bagaimana latihan fisiknya pasti kita akan ikuti," kata Dewa, Selasa (21/1).

Selain peningkatan fisik dan stamina, Dewa juga mengaku dirinya juga bermain di berbagai posisi, yakni bek tengah, bek sayap, dan gelandang.

"Ada perubahan pada saat banyak pemain cedera di seleksi pertama saya pindah ke gelandang. Alhamdulillah saya bisa," ujarnya.

Pemain PSIS Semarang itu mengaku siap ditempatkan di posisi mana saja, meski posisi aslinya adalah bek tengah seperti yang ia tempati saat tim nasional U-19 era Fakhri Husaini.

Tantang Inter Milan

Dari Italia dilaporkan tim Garuda Select hari ini bakal menjajal Inter Milan U-17 di Suning Youth Development Centre, Milan. Ini menjadi uji coba ketiga anak asuh Des Walker dan Dennis Wise, setelah menang atas Torino U-17 dan kalah dari Juventus U-17.

Gelandang timnas U-19 yang kini masuk skuad Garuda Select, David Maulana dan Bagus Kaffi, kembali menjadi tumpuan di laga uji coba melawan salah satu tim elite Italia itu. Adapun uji coba terakhir di Italia bakal dilangsungkan pada 27 Januari mendatang, yakni menghadapi Como U-17 di Centro Sportivo Snef Lambrone. (Goal/R-2)

BERITA TERKAIT