21 January 2020, 22:27 WIB

Tempat Hiburan Akan Dihapus dari Kategori Adikarya Wisata


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta berencana menghapus tempat hiburan dari kategori penerima penghargaan Adikarya Wisata.

Penghargaan Adikarya Wisata adalah penghargaan tertinggi yang diberikan Pemprov DKI kepada pengusaha di bidang jasa pariwisata seperti tempat rekreasi, tempat hiburan malam, karaoke, restoran, dan hotel sebagai apresiasi dalam perannya terhadap dunia kepariwisataan dan pemasukan daerah.

Penghapusan kategori tempat hiburan akan dipertimbangkan setelah adanya protes dari masyarakat terkait pemberian penghargaan kepada diskotek Colloseum yang kemudian penghargaan itu dibatalkan.

"Arahan gubernur suruh kita telaah. Telaah apakah masih perlu atau tidak untuk yang diskotek ini. Karena kan ada juga untuk bar club apa itu sejenis. Kita jadi satu nanti kriterianya," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Cucu Ahmad Kurnia saat dikonfirmasi, Selasa (21/1).

Baca juga : Penghargaan Pada Tempat Hiburan Disebut Akal-akalan SKPD DKi

Sementara itu, ia menegaskan pembatalan penghargaan pada Colloseum tidak akan dicabut meski dari BNNP DKI sudah mengumumkan tidak ditemukan narkoba di diskotek itu.

Menurutnya, bukan hanya soal itu penghargaan dicabut.

"Sudah keputusan dicopot tetap dicopot. Nanti untuk perbaikan ke depan ini kita akan lebih tertib lagi dalam memilih kriteria industri yang akan diberikan," ujarnya.

Ia pun membantah bahwa perlu pergub turunan dari Perda No 6 tahun 2015 tentang Kepariwisataan untuk teknis dan kriteria pemberian penghargaan.

"Nggak perlu. Perda saja cukup," tandas Cucu. (OL-7)

BERITA TERKAIT