21 January 2020, 19:51 WIB

Peran UMKM Sangat Besar Bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia


Despian Nurhidayat | Ekonomi

WAKIL Ketua MPR RI, Lestari Moedrijat mengungkapkan bahwa peran UMKM sangat besar bagi perekonomian Indonesia. Menurutnya pertumbuhan ekonomi Indonesia bukan hanya bergerak dalam sektor rill tapi juga melalui UMKM.

Dalam hal ini, perempuan yang akrab disapa Rerie ini melanjutkan bahwa UMKM menjadi salah satu bagian ketahanan nasional. Pemerintah saat ini tinggal memberikan ruang lebih untuk UMKM.

"Ini menjadi hal yang harus mendapatkan dukungan, ekonomi bergerak bukan hanya sektor riil tapi UMKM bergerak. Kalau semua bergerak maka secara keseluruhan juga bergerak. Kalau UMKM kita perhatikan sebetulnya banyak kemampuan dan kemandirian," ungkap Rerie saat ditemui di Kemenkop UKM, Jakarta, Selasa (21/1).

"Tinggal diberikan ruang ruang lebih banyak lagi, karena makin banyak pengusaha kecil, UMKM mandiri bisa mengisi dan mewarnai pergerakan perekonomian, dan kita akan menjadi lebih sustainable," lanjutnya.

Lebih lanjut, Rerie mengapresiasi langkah pemerintah dalam memberdayakan UMKM. Menurutnya program untuk membuat UMKM naik kelas menjadi dasar untuk perjalanan lima tahu kedepan.

Terlebih dalam hal mencari potensi UMKM dan memberdayakan mereka. Ini menjadi terobosan yang layak diapresiasi untuk melakukan inovasi dan memberikan nilai tambah bagi UMKM.

"Dengan memberdayakan UMKM, bukan hanya itu tapi hal lebih jauh yakni mencari potensi dan diolah kemudian berdaya tinggi. Kita sudah tiga empat langkah di depan. Ini terobosan yang saya apresiasi sebagai wakil rakyat dan pimpinan MPR," tambah Rerie.

Selain itu, meskipun baru berjalan selama empat bulan dan perlu banyak hal yang harus dibenahi, Rerie merasa apa yang dilakukan pemerintah sudah tepat. Pasalnya langkah-langkah ini khususnya yang dilakukan oleh Kemenkop UKM telah memberikan harapan baru bagi para pelaku UMKM.

"Langkah yang dilakukan Kemenkop UMKM dalam beberapa bulan ini saya rasa sudah memberikan harapan. Kita melihat inovasi dilakukan dan hal baru seperti memberikan kesempatan pelaku UMKM lebih terlibat," pungkasnya.

"Kemenkop UKM juga sekarang memberikan kesempatan pada banyak pihak termasuk kawan-kawan yang memiliki kekurangan dan ketidaksempurnaan untuk dapat kesempatan lebih besar. UMKM kini mendapatkan pembiayaan untuk lebih berkembang," tutup Rerie. (OL-4)

BERITA TERKAIT