21 January 2020, 17:49 WIB

Menpora Jamin Keamanan PON di Papua


Akmal Fauzi | Olahraga

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, meminta masyarakat tidak mengkhawatirkan kondisi Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) pada Oktober mendatang.

Menurutnya, Papua sama dengan wilayah lain yang bisa menyelenggarakan pesta olahraga empat tahunan. "Jadi sama saja dengan Anda di Papua, Anda di Surabaya, Makassar maupun Palembang. Tidak ada hal yg perlu dikhawatirkan terkait keamanan," ujar Amali seusai menerima kunjungan Gubernur Papua, Lukas Enembe, di Gedung Kemenpora, Selasa (21/1).

Amali menambahkan pemerintah daerah telah mempersiapkan perhelatan PON ke-20 dengan baik. Selain keamanan, persoalan infrastruktur menjadi salah satu aspek yang diperhatikan.

Sejauh ini, persiapan dikatakannya berjalan lancar. Seluruh pemangku kebijakan tengah membereskan berbagai aspek yang belum optimal, termasuk arena tanding.

Baca juga: Mendagri Cek Persiapan PON XX di Papua

"Jadi yang dibiayai APBD selesai Maret nanti, yang APBN selesai Juli. Masih ada waktu untuk kita melihat apa yang kurang dan perlu ditambahkan," jelas Amali.

Dalam kesempatan itu, Lukas berharap penyelenggaraan PON Papua menjadi jembatan persaudaraan Indonesia. Perihal pengamanan, Lukas mengatakan semua telah dipetakan dan pesta olahraga diyakini berjalan lancar.

"Kami ingin orang Indonesia datang ke Papua tanpa perlu khawatir dan ketakutan. Di sana aman seperti di provinsi lain. Jadi wisatawan juga bisa datang ke banyak tempat. Silahkan datang ke Papua, menikmati keindahan alam dan budaya," tutupnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT