21 January 2020, 17:15 WIB

Vietnam dan Malaysia Masuk tempat Pensiun Terbaik


Fetry Wuryasti | Weekend

PENSIUN dan menghabiskan masa tua di luar negeri menjadi impian bagi sebagian orang. Setiap tahun, International Living menyusun Indeks Pensiun Global Tahunan menyoroti tempat-tempat terbaik untuk pensiun di luar negeri.

Indikatornya berdasarkan faktor-faktor seperti perumahan, tunjangan dan diskon, biaya hidup, perawatan kesehatan, pembangunan, iklim, dan lainnya. Dua di antaranya yaitu Vietnam dan Malaysia, disadur dari Huffpost.com, Selasa (21/1).

Vietnam terpilih karena terkenal dengan biaya hidup yang sangat rendah. Negara ini juga salah satu ekonomi terkuat di Asia.

Vietnam memiliki daerah perkotaan yang berkembang pesat serta kuil dan makam kuno bersejarah. Nilai tambahnya, penduduk Vietnam dipandang ramah dan mereka fasih berbahasa Inggris.

Sedangkan Malaysia dikenal dengan hamparan pantai berpasir putih, cuaca yang hangat dan banyak aktivitas luar ruangan.

Hidup di sana dianggap terjangkau, termasuk biaya perawatan kesehatan. Karena hukum Malaysia didasarkan pada sistem Inggris, Anda akan menemukan banyak penyampaian informasi dalam bahasa Inggris.

Sisanya, beberapa negara Eropa seperti Prancis dinilai layak untuk menikmati hari tua. Negara ini tersohor dengan kebun anggur, keju, roti baguette, dan hamparan rumput luas. Lalu ada Spanyol yang hangat berkat iklim Mediterania. Transportasi juga sangat mudah, dengan sistem kereta api dan bus yang luas, ditambah opsi berbagi perjalanan yang murah. (M-1)

BERITA TERKAIT