21 January 2020, 14:12 WIB

Riza Patria Siap Mundur dari DPR jika Dipilih jadi Wagub DKI


Suryani Wandari | Megapolitan

KETUA DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria siap mundur dari jabatan anggota DPR jika berhasil dipilih mendampingi Gubernur Anies Baswedan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Sebagaimana diketahui, Riza merupakan Wakil Ketua Komisi V DPR RI.

"Sesuai aturan, tidak ada pilihan. Siapa pun yang maju harus mundur. Termasuk saya kalau dicalonkan, konsekuensinya harus siap dan dibuktikan," ujar Riza di Jakarta, Selasa (21/1).

Ia mengatakan hal itu sudah tercantum dalam aturan dan mekanisme yang berlaku bagi anggota DPR, DPRD,PNS, TNI, Polri maupun BUMN apabila mencalonkan sebagai kepala atau wakil kepala daerah harus mengundurkan diri. Hal tersebut juga diperkuat dalam draf tata tertib pemilihan wagub DKI.

"Tentu siapa saja yang nanti pada saatnya akan diproses yang bersangkutan harus mengundurkan diri," ungkapnya.

Baca juga:  Riza dan Nurmansjah Berebut Kursi DKI-2

Mengenai kesiapannya duduk di kursi DKI 2, ia mengaku sangat siap karena sebelumnya telah diperintahkan langsung oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Sebelumnya, ada empat nama yang dilayangkan Gerindra sebagai cawagub DKI yakni Ferry J. Juliantono, Arnes Lukman, Sekda DKI Saefullah, termasuk Riza. Kini nama Riza mengerucut yang kemudian disandingkan dengan Nurmansjah Lubis, Politikus PKS.(OL-5)

BERITA TERKAIT