21 January 2020, 13:49 WIB

Komisi II Mulai Petakan Isu Strategis Revisi UU Pemilu


Nur Aivanni | Politik dan Hukum

ANGGOTA Komisi II DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, mengungkapkan pihaknya akan melakukan konsinyering pekan ini. Hal itu dilakukan dalam rangka untuk memetakan sejumlah isu strategis yang menjadi pembahasan Komisi II, termasuk revisi Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

"DPR akan memulainya Kamis (23/1) depan, dalam bentuk konsinyering. Pemerintah sudah membuat beberapa kajian. Karena ini (revisi UU Pemilu) akan jadi inisiatif DPR, maka diputuskan dalam bentuk panja atau pansus," kata Mardani kepada Media Indonesia, Selasa (21/1).

Baca juga: Revisi UU Pemilu Harus Masuk ke Prolegnas 2020

Mengenai isu strategis UU Pemilu, lanjut Mardani, Komisi II DPR RI akan menyiapkan kerangka pembahasan. Khususnya terkait peta perbaikan menuju pemilu berkualitas, murah dan sederhana.

Sementara itu, Fraksi PKS sendiri, kata Mardani, akan mengusulkan beberapa poin terkait revisi UU Pemilu. Poin tersebut mencakup penerapan e-rekapatulasi, ambang batas presiden, ambang batas parlemen dan sistem pemilu.(OL-11)

BERITA TERKAIT