20 January 2020, 23:47 WIB

Unpam Buka Kampus 3 di Kota Serang


mediaindonesia.com | Humaniora

UNIVERSITAS Pamulang (UNPAM) bakal hadir di Ibukota Provinsi Banten, Serang. Kehadiran Unpam merupakan upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemerataan pendidikan tinggi, dengan pembiayaan pendidikan yang sangat terjangkau sekali.

Hal ini disampaikan Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup Darsono seusai melakukan peresmian peletakan batu pertama Pembangunan kampus Unpam di Kecamatan Walantaka, Kampung Limandang, Kelurahan Kalodran, Serang, Banten, Senin (20/1) siang.

"Ini akan dibangun 12 gedung, dengan masing-masing gedung memiliki 10 lantai, dan dapat menampung mahasiswa sampai 200 ribu dari berbagai lapisan masyarakat," kata Darsono dalam keterangan tertulisnya.

Adapun dengan biaya pendidikan di kampus Unpam ini, kata Darsono, sangat terjangkau sekali, bahkan untuk penyandang Disabilitas digratiskan.

"Biayanya hanya Rp150 ribu perbulan, jadi satu semester itu Rp900 ribu dan ini tidak pake uang gedung, karena biasanya yang jadi hambatan uang masuknya itu yang berjuta juta," katanya.

Baca juga : Punya 85 Ribu Mahasiswa ,Unpam Tetap Jaga Kualitas

Darsono mengatakan, keberadaan Unpam bukan hanya menawarkan kesempatan pendidikan tinggi yang terjangkau, akan tetapi memberikan ruang lapangan pekerjaan dan usaha di sekitar kampus.

Selain itu, Darsono juga menyatakan, bahwa tingkat pendidikan tinggi masyarakat di Kota Serang yakni sebesar 12%, jauh dari rata-rata nasional sebanyak 34%.

"Sekarang di Kota serang itu yang mencapai perguruan tinggi itu dibawah rata rata nasional, yang kuliah sudah mencapai 34%. Kalau di Serang masih 12%, ini jauh sekali," ucapnya.

Darsono melihat kebanyakan lulusan sekolah menengah atas di Kota Serang langsung melanjutkan bekerja, sehingga kualitas sumber daya mansuianya masih di bawah Kota/Kabupaten lain di Banten, seperti Tangerang.

"Masalahnya itu karena keterbatasan terutama ekonomi, karena setelah lulus SLTA kebanyakannya langsung cari kerja," bebernya.

Target dari pengoperasionalan  pembangunan gedung Unpam di tahun ini, lanjut Darsono, apabila sudah berdiri 3 sampai 4 lantai, akan dibuka penerimaan mahasiswa, tapi harus melalui tahapan sosialisasi.

"Target operasi kampus sendiri kalau memungkinkan tahun depan kalau sudah ada 3 sampai 4 lantai, karena kan ngga sekaligus menerima  banyak pasti melalui tahapan sosialisasi," paparnya.

Unpam Kota Serang ini, sambungnya, terdiri dari 6 Fakultas dan 17 Program Studi.

Baca juga : Inovasi Mahasiswa Unpam Juara di Ajang I3E 2019

"Enam fakultas ini meliputi ekonomi, tehnik, sastra, hukum, mipa dan fkip, dengan prodi sebanyak 17. Sedangkan Kesehatan sebanyak 25 prodi," tandasnya.

Walikota Serang Syafrudin mengapresiasi keberadaan pembangunan kampus 3 Unpam di Kota Serang. Ia berharap, kampus ini menjadi terobosan dan kontribusi dalam peningkatan mutu sumber daya manusia, termasuk perputaran ekonomi.

"Kalau kerja sama belum dilaksanakan. Insya Allah kedepan akan ada, karena Kota Serang sebagai tuan rumah, artinya kami berharap bisa sama-sama membantu meringankan beban pendidikan terutama untuk masyarakat Kota Serang," jelas Syafrudin.

Syafrudin juga menyatakan, bahwa dengan hadirnya Unpam di Kota Serang, merupakan sebuah komitmen dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia yang dianggap masih rendah.

"Berdirinya Unpam di kota serang juga merupakan upaya untuk meningkatkan SDM. Karena SDM Kota Serang ini setelah lulus SLTA itu tidak bisa melanjutkan keperguruan tinggi, karena dana atau pembiayaan yng kurang," ungkapnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT