21 January 2020, 05:20 WIB

De Javu di Margaret Court Arena


Akmal Fauzi | Olahraga

PETENIS putri Amerika Serikat (AS) Cori Gauff berhasil mendapatkan hasil yang baik di hari pertama Australia Terbuka 2020, kemarin. Remaja berusia 15 tahun yang akrab disapa Coco itu sukses mengalahkan rekan senegaranya Venus Williams dengan skor 7-6 (7/5) dan 6-3 dalam laga yang berlangsung di Margaret Court Arena.

Raihan tersebut menjadi kemenangan kedua Coco atas Williams yang sebelumnya pertama kali jumpa di Wimbledon tahun lalu. Kala itu Coco menang 6-4 dan 6-4 dari Williams yang sudah mengoleksi tujuh gelar grand slam.

Menurut Coco yang merupakan petenis dengan peringkat dunia ke-66, dirinya memang sudah lebih siap ketika tiba di Australia sehingga bisa kembali mengungguli Williams yang berusia 24 tahun lebih tua darinya.

“Saya pikir, saya juga telah terbiasa bermain di laga besar. Dengan penonton sebanyak itu, tidak lagi membuat saya ketakutan seperti sebelumnya,” tutur Coco setelah pertandingan.

Walau demikian, Coco mengakui bahwa dirinya gugup sehari sebelum berjumpa dengan Williams. Karena meski Williams merupakan salah satu petenis yang diidolakannya, tetap saja suatu hari akan menjadi lawan di lapangan. Kekhawatirannya itu terbukti karena Williams disebut Coco sangat tangguh. Dia bahkan sempat kesulitan untuk bisa bermain dengan agresif.

Sementara Williams, memuji penampilan Coco yang dinilainya sangat bersungguh-sungguh ketika melawannya. Dia tentu sangat menginginkan itu (menang), dan sangat dewasa untuk seusianya. Kini langit lah yang menjadi batas untuknya,” kata Williams yang merupakan petenis rangking 55 dunia.

Adapun Coco di babak kedua akan melawan Sorana Cirstea, petenis asal Rumania. Cirstea wajib diwaspadai oleh Coco karena mampu lolos dari babak pertama dengan cara mengalahkan Barbora Strycova, unggulan ke-32 asal Republik Ceko, dengan skor 6-2 dan 7-6 (7-5).


Hujan deras

Hari pertama Australia Terbuka yang menjadi pembuka grand slam sempat dilanda hujan deras sehingga menghentikan beberapa pertandingan baik di nomor tunggal putra dan tunggal putri.
Secara total, ada 32 pertandingan yang jadwalnya diundur oleh pihak penyelenggara. Sejak dimulai pada pukul 11.00 waktu setempat, kualitas udara Australia terbilang baik setelah sempat diganggu oleh asap kebakaran hutan yang melanda negara tersebut. Namun, empat jam kemudian terjadi hujan deras yang disertai petir.

Petenis top dunia seperti Serena Williams (AS) dan Roger Federer (Swiss) beruntung mampu menyudahi pertandingan sebelum tempat mereka berlaga diguyur hujan. Federer mengalahkan petenis AS Steve Johnson dengan skor 6-3, 6-2, dan 6-2. Sementara Williams mengalahkan petenis Rusia Anastasia Potapova dengan skor 6-0 dan 6-3.

Australia Terbuka sebenarnya sangat jarang diinterupsi oleh hujan dan lebih seringnya oleh asap akibat kebakaran hutan yang kerap terjadi pada awal tahun karena memang musim kemarau baru dimulai pada bulan ini. (AFP/AusOpen/R-3)

BERITA TERKAIT