20 January 2020, 14:50 WIB

Jaksa Agung Siap Tuntaskan Kasus Semanggi


Nur Aivanni | Politik dan Hukum

JAKSA Agung ST Burhanuddin menyatakan siap untuk menuntaskan peristiwa Semanggi I dan II. Asalkan, kata dia, perkara-perkara tersebut sudah memenuhi syarat formil dan materil. Hal tersebut mengemuka dalam rapat bersama Komisi III DPR RI.

"Kami siap untuk menuntaskan perkara-perkara yang ada. Dengan satu catatan bahwa perkara sudah memenuhi syarat formil dan materil, itu yang bagi kami, kami tidak akan berbalik kemana-mana," katanya di ruang Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/1).

Burhanuddin menginginkan kasus Semanggi bisa tuntas sehingga kasus tersebut tidak menjadi beban di kemudian hari. Dikatakannya, Kejaksaan Agung akan bekerja sama dengan Komnas HAM dengan difasilitasi oleh
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

"Ini sudah berjalan, kami sudah pernah dipertemukan dengan Komnas HAM. Keyakinan kami ingin menuntaskan ini. Dan tidak ada keinginan untuk memilah, ini masuk ke sini, apakah ini masuk sini," terangnya.

Pernyataan Burhanuddin tersebut menjawab pertanyaan dari Anggota Komisi III Fraksi NasDem Taufik Basari. Dalam kesempatan tersebut, Taufik meminta Kejaksaan Agung menjalin komunikasi yang baik dengan Komnas HAM untuk menuntaskan kasus tersebut. Jangan sampai, kata dia, kasus tersebut hanya bolak balik di kedua lembaga tersebut.

"Cari jalan keluar. Kita tidak ingin ini terkatung-katung. Kalau ada sebuah pelanggaran HAM, ada sebuah peristiwa serius yang terjadi di masa lalu tak terselesaikan, maka negara akan mengarah pada impunitas," tegasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III Fraksi PPP Arsul Sani meminta kepada pimpinan rapat komisi untuk menggelar rapat bersama dalam rangka menyelesaikan kasus pelanggaran HAM berat. "Kalau perlu ada rapat bersama antara Kejaksaan Agung dan Komnas HAM," tandasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT