20 January 2020, 11:21 WIB

Tersingkir dari Australia Terbuka, Shapovalov Kecam Wasit


Basuki Eka Purnama | Olahraga

PETENIS Kanada Denis Shapovalov tersingkir di putaran perdana Australia Terbuka, Senin (20/1), setelah berselisih dengan wasit karena petenis itu membanting raketnya karena kesal.

Petenis peringkat 13 dunia itu menyerah 6-3, 7-6 (9/7), 6-1, dan 7-6 (7/3) dari petenis Hongaria Marton Fucsovics dalam kejutan pertama di hari pertama Australia Terbuka.

Dipandang sebagai bagian generasi yang bisa menggulingkan dominasi Big Three--Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan Roger Federer--petenis berusia 20 tahun itu kehilangan fokus setelah kalah di set ketiga.

Baca juga: Williams Menang Mudah di Putaran Pertama Australia Terbuka

Wasit memperingatkan Shapovalov setelah dia membanting raket. Teguran wasit itu membuat Shapovalov marah.

"Saya tidak melanggar aturan apa pun," seru Shapovalov ke arah wasit. "Ini raket saya dan saya bisa melakukan apa pun yang saya inginkan."

"Saya tidak mematahkan raket saya. Jika raket ini patah, Anda boleh menegur saya. Kerjakan tugas Anda dengan benar," imbuhnya.

Selepas insiden itu, Shapovalov gagal mengendalikan emosinya dan akhirnya kalah di putaran pertama Australie Terbuka.

Ini merupakan kemunduran bagi petenis Kanada yang tampil apik sepanjang 2019 dengan meraih gelar pertamanya di Stockhol. Shapovalov juga mencapai final Paris Masters sebelum dikalahkan Djokovic. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT