19 January 2020, 20:20 WIB

Generasi Milienial Perlu Bersiap Hadapi Bonus Demografi


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

INDONESIA akan memasuki era bonus demografi mulai 2025-2030 yang ditandai dengan dominannya penduduk usia produkttif. Karena itu, generasi milenial yang akan mengisi bonus demografi perlu disiapkan untuk menggerakkan perekonomian Indonesia di masa depan.

Wirausahawan nasional, Sandiaga Uno di ajang Indonesia Millennial Summit 2020 mengingatkan, sudah saatnya generasi milenial memikirkan masa depan karena akan menjadi tulang punggung ekonomi bangsa dalam beberapa tahun ke depan.

Perekonomian Indonesia sudah memasuki era 4.0 yang serba terbuka, cepat, dan bersaing, sehingga di butuhkan kualitas Sumber daya manusia yang tahan banting dan memiliki kreativitas dan semangat berjuang yang tinggi

Baca juga : Milenial Kata Terpopuler di 2019

"Untuk mengasah intuisi, kreativitas dan wawasan, maka mereka perlu mengikuti berbagai ajang tatap muka dan diskusi sehingga dapat menambah pengetahuan mereka. Ajang seperti Indonesia Millenial Summit menjadi langkah tepat untuk mencetak generasi millenials berkualitas," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya.

Di sisi lain, Sandiaga menegaskan, inovasi teknologi menjadi bagian penting dalam kemajuan negara, sehingga pemerintah harus serius dalam mengalokasikan anggaran riset agar lahir inovasi teknologi yang adaptif terhadap perkembangan zaman.

"Harapannya pemerintah harus memberikan Proteksi terhadap startup dalam negeri sampai bìsa menguasai 80% pasar sehingga produk dalam negeri menjadi domunan di pasar internasional," pungkasnya (OL-7)

BERITA TERKAIT