19 January 2020, 18:35 WIB

BBKSDA Riau Lacak Jejak Harimau Sumatra di PLTU Pekanbaru


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

HASIL identifikasi tim rekasi cepat Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), menemukan jejak harimau sumatra di kawasan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau.

"Tim sudah mendatangi lokasi untuk melakukan identifikasi. Hasilnya, memang ditemukan jejak yang diduga merupakan jejak harimau sumatra dengan ukuran panjang 14 cm dan lebar 12 cm," kata Kepala BBKSDA Riau Suharyono di Pekanbaru, kemarin

Suharyono menjelaskan, jejak tapak raja rimba itu pertama kali ditemukan oleh seorang petani bernama Sugito. Jejak itu, berada di lokasi kebun pisang miliknya.

"Jejak tapak harimau sudah ada sekitar tiga hari di kebunnya, namun beliau baru melaporkan temuan jejak tersebut ke sekuriti PLTU Tenayan Raya pada tanggal 16 Januari 2020," jelasnya, Minggu (19/1).

Sejauh ini, lanjutnya, tim sudah mengambil sejumlah dokumentasi lapangan, dan melakukan pengukuran terhadap jejak tersebut. Selain itu, tim juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar terkait kemunculan harimau sumatra.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat, apabila kembali menemukan jejak
baru atau sisa kotoran, agar segera menginformasikannya ke petugas BBKSDA Riau," tegas Suharyono.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT