19 January 2020, 15:28 WIB

190 Pohon di Selatan Monas Ditebang


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

SEBANYAK 190 pohon di selatan kawansan Monumen Nasional (Monas) ditebang dan akan dibangun ruang terbuka hijau (RTH).

Proyek itu terkait dengan program Pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta merevitalisasi Monas.

"Revitalisasi semuanya, bukan hanya bagian selatan, timur, utara dan barat. Bagian pusat termasuk tugu di Monumen Nasional sendiri ada revitalisasi interior dan eksteriornya. Itu untuk perbaikan," tutur Kepala Unit Pengelola Monas Muhamad Isa Sanuri, Minggu (19/1).

Rancangan revitalisasi ini berdasarkan hasil pemenang sayembara Desain Kawasan Tapak Medan Merdeka dan Desain Interior Tugu Nasional yang diumumkan pada Januari 2019 lalu.

Sanuri menegaskan di kawasan selatan Monas akan dibangun ruang terbuka hijau (RTH) dengan ada kolam air dan taman untuk aktivitas warga.

"Jadi, revitalisasi ada tahapannya. Yang terlihat sekarang di kawasan Selatan sedang dibangun plaza. Nanti pelaksanaanya proyek ini selama tiga tahun, dari 2019 hingga 2021. Kawasan selatan akan dibangun ruang terbuka hijau," jelas Sanuri.

Ia mengatakan 190 pohon yang ditebang itu, sebanyak 55 pohon dipindahkan ke bagian barat Monas dan 30 pohon dipindahkan ke kawasan timur. Sisanya akan ditanam kembali ke parkiran IRTI Monas. Sanuri juga menuturkan satu pohon yang ditebang akan digantikan 3 pohon.

"Proses ini sedang berjalan. Nanti kedepan di kawasan Selatan itu akan dikembalikan ruang terbuka hijau. Luasnya dua kali lebih dari sekarang," ucap Isa. (OL-11)

BERITA TERKAIT