19 January 2020, 12:14 WIB

Bus Rombongan Posyandu Cipayung Depok Terguling, 8 Tewas


Kisar Rajakgukguk | Megapolitan

BUS pariwisata yang ditumpangi rombongan Kader Posyandu Kelurahan Bojong, Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok terguling, Sabtu (18/1). Sebanyak 8 orang tewas serta puluhan lainnya luka-luka.

Peristiwa tergulingnya bus pariwisata PO Purnamasari Nopol : F 7508 W terjadi di Jalan Raya Subang-Bandung, lokasi tepatnya di turunan Palasari, Kampung Nagrog, Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa barat.

Untuk menjemput warganya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengerahkan 15 ambulan dan sejumlah personil gabungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) ke Rumah Sakit Ciereng, Subang, Jawa Barat.

"Kami kerahkan 15 ambulan untuk jemput para korban yang selamat maupun jenazah, " kata Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna ketika dihubungi di Kota Depok, Minggu (19/1).

Menurut Pradi, bus Pariwisata besar PO Purnamasari Nopol: F 7508 W membawa puluhan Kader Posyandu yang berasal dari 13 RW Kelurahan Bojong Pondok Terong, Cipayung, Kota Depok.

Rombongan Posyandu tersebut tur ke Gunung Tangkuban Perahu, Cikahuripan, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Puluhan Kader Posyandu berangkat bersama camat, lurah, serta petugas kesehatan dari Puskesmas Cipayung dan DPKP Cipayung.

Pradi menuturkan, pihaknya telah menyiapkan Posko di Kelurahan Bojong Pondok Terong. "Nantinya, korban-korban yang tiba akan di data terlebih dahulu sebelum dikembalikan pada keluarga, " tutur Pradi.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Polres Subang, AKBP Teddy Fanami mengatakan, bus tur yang membawa rombongan dari Kota Depok tersebut mengalami kecelakaan tunggal di jalan raya.

Peristiwa bermula saat kendaraan berjalan dari arah Bandung menuju ke arah Subang. Setiba di lokasi kejadian yakni di turunan Palasari, Jalan Raya Subang-Bandung, bus rombongan tersebut oleng kemudian terguling.

"Kita belum pastikan apa yang menyebabkan Bus Pariwisata PO Purnamasari terguling. Apa karena rem bolong atau gimana," ucapnya.

Saat ini, sambung dia, baik korban meninggal maupun luka-luka telah di evakuasi ke Rumah Sakit Ciereng, Kabupaten Subang.

"Seluruh korban yang meninggal dan luka-luka sudah kita evakuasi ke Rumah Sakit. Termasuk bus PO Purnamasari karena menghalangi jalan utama yang menyebabkan macet, " ucapnya (A-1)

BERITA TERKAIT